Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Delegasi Indonesia Berprestasi, Raih Peringkat III pada MTQ Internasional di Malaysia
Oleh : Redaksi
Rabu | 16-10-2024 | 12:04 WIB
juara-III1.jpg Honda-Batam
Dua delegasi Indonesia berhasil meraih juara III pada 64th International Al-Qur'an Recital and Memorisation Assembly yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, dari 5 hingga 12 Oktober 2024. (Kemenag)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia kembali menorehkan prestasi di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) internasional. Dua delegasi Indonesia berhasil meraih juara III pada 64th International Al-Qur'an Recital and Memorisation Assembly yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, dari 5 hingga 12 Oktober 2024.

Wahyu Andi Saputra, asal Kalimantan Tengah, mengukir prestasi dengan menduduki peringkat ketiga pada kategori tilawah pria dengan skor 92,09. Sementara itu, Syamimi Assahira, delegasi dari Kepulauan Riau, juga meraih juara III di kategori tilawah wanita dengan nilai 89,46.

Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama (Kemenag), Ahmad Zayadi, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian kedua delegasi Indonesia. Menurut Zayadi, MTQ Internasional di Malaysia merupakan salah satu ajang paling bergengsi dan kompetitif.

"Ini kabar yang sangat membanggakan. Ajang ini diikuti oleh peserta-peserta terbaik dari berbagai negara, dan Indonesia berhasil menunjukkan kualitasnya," ujar Zayadi, Selasa (14/10/2024), demikian dikutip laman Kemenag.

Sebelum berkompetisi di Malaysia, Wahyu dan Syamimi harus lolos dari seleksi ketat yang diselenggarakan secara online. Seleksi ini berlangsung pada 29 April hingga 5 Mei 2024 untuk kategori tilawah, dan 21 hingga 26 Juli 2024 untuk kategori hafalan. Lebih dari 120 peserta dari 89 negara turut berpartisipasi dalam seleksi tersebut.

"Di kategori tilawah, ada 53 peserta dari 41 negara, termasuk Indonesia, yang berkompetisi. Meraih juara di antara peserta-peserta unggulan dunia tentu merupakan prestasi luar biasa," tambah Zayadi.

Kasubdit Lembaga Tilawah dan Musabaqah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Rijal Ahmad Rangkuty, turut menyampaikan bahwa Indonesia secara konsisten mengirimkan delegasi terbaiknya dalam ajang MTQ internasional setiap tahun. "Delegasi tidak hanya dibekali dengan pembinaan intensif, tetapi juga dukungan akomodasi dan bonus bagi mereka yang berhasil meraih prestasi," kata Rijal.

Ia menegaskan bahwa apresiasi dalam bentuk hadiah merupakan bagian dari komitmen Kemenag untuk mendorong prestasi dan memotivasi para qari dan hafiz Indonesia agar terus mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Di antara prestasi yang diraih Syamimi Assahira adalah Juara I Cabang Tilawah Dewasa Putri pada Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII tahun 2023, serta Juara I Cabang 5 Juz dan Tilawah pada MTQ Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Wahyu Andi Saputra juga memiliki sederet prestasi, termasuk Juara III Cabang Tilawah Dewasa Putra pada STQH Nasional XXVII tahun 2023, serta Juara I MTQ Antarbangsa se-Borneo 2023 dengan skor 96,50.

Kemenangan ini menjadi bukti konsistensi Indonesia dalam melahirkan talenta-talenta unggul di bidang tilawah dan hafalan Al-Qur'an di tingkat internasional.

Editor: Gokli