Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polri Gelar Operasi Zebra 2024 hingga 27 Oktober 2024, Kedepankan Pendekatan Humanis
Oleh : Redaksi
Selasa | 15-10-2024 | 11:24 WIB
Ops-Zebra-2024.jpg Honda-Batam
Operasi Zebra 2024 mulai 14 hingga 27 Oktober 2024. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri kembali melaksanakan Operasi Zebra 2024 mulai 14 hingga 27 Oktober 2024. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya tertib berlalu lintas serta menekan angka kecelakaan di jalan raya.

Dalam Operasi Zebra 2024, Polri akan lebih mengutamakan pendekatan edukatif dan humanis. Petugas akan memberikan teguran kepada pelanggar lalu lintas, terutama terkait pelanggaran yang sering menjadi penyebab kecelakaan, seperti tidak memakai helm, melawan arus, dan melanggar batas kecepatan.

"Kami berharap masyarakat tidak hanya mematuhi aturan karena takut sanksi, tetapi lebih karena kesadaran untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain," ujar Kabagops Kombes Pol Aries Syahbudin, demikian dikutip laman Humas Polri.

Selain sosialisasi langsung, sistem tilang elektronik (E-TLE) juga akan tetap berjalan selama Operasi Zebra ini. Kamera pengawas di berbagai titik akan mendeteksi pelanggar yang melanggar aturan. Polri berencana memperluas cakupan E-TLE di lebih banyak titik rawan pelanggaran untuk menjangkau lebih banyak pengendara.

Petugas di lapangan diinstruksikan untuk memberikan penjelasan yang mendidik terkait pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara. Kombes Aries menegaskan bahwa meskipun operasi ini tetap melibatkan tilang manual, pendekatan humanis akan menjadi prioritas dalam pelaksanaannya. Harapannya, masyarakat bisa lebih memahami pentingnya tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mematuhi peraturan, tidak hanya saat ada operasi, tetapi setiap hari. Keselamatan di jalan adalah tanggung jawab kita bersama," kata Kombes Aries.

Operasi Zebra 2024 diharapkan dapat menurunkan angka pelanggaran lalu lintas dan meningkatkan keselamatan di jalan. Dengan dukungan masyarakat, Polri optimistis lalu lintas yang tertib dan aman dapat terwujud di seluruh Indonesia.

Editor: Gokli