Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amankan Pelantikan Prabowo Subianto Jadi Presiden, Polri Kerahkan 15 Ribu Polisi, TNI Kerahkan Pasukan 3 Matra
Oleh : Redaksi
Minggu | 13-10-2024 | 19:33 WIB
jokowi_prabowo2.jpg Honda-Batam
Polri dan TNi mengerahkan pasukannya untuk mengamankan pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024).

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Polri mengerahkan sebanyak 15.000 personel untuk mengamankan acara pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10/2024).

Sebagai persiapan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengecek gladi bersih apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2024 di Mako Brimob Kelapa Dua Depok, Jawa Barat.

"Ya, Pak Kapolri cek kesiapan Apel Pam (pengamanan) Pengambilan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI," kata Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (13/10/2024).

"Pelibatan 15 ribu pasukan danalmatsus (alat material khusus)," sambungnya.

Selanjutnya, apel gelar pasukan akan dilakukan pada Senin (14/10/2024) di Mako Brimob Kelapa Dua Depok. Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir dalam apel gelar pasukan tersebut.

Selain itu, Jokowi juga akan memberikan tanda kehormatan Nugraha Sakanti pada 7 satuan di Polri. Nugraha Sakanti merupakan tanda kehormatan yang diberikan kepada sebuah kesatuan Polri.

Tanda kehormatan Nugraha Sakanti diberikan kepada satuan yang dinilai telah berjasa di bidang kepolisian yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Tujuh satuan yang tersebut adalah Korbrimob Polri, Korlantas Polri, Bareskrim Polri, Baharkam Polri, Densus 88 Antiteror Polri, Pusdokkes Polri dan Divisi Hubungan Internasional Polri.

Tiga Matra

Sementara, Mabes TNI juga telah menyusun rencana pengamanan dalam pelantikan presiden dan wakil presiden RI periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.


"Persiapan secara umum TNI telah menyusun rencana pengamanan yang komprehensif, melibatkan berbagai satuan sesuai dengan kebutuhan pengamanan acara tersebut," kata Kapuspen TNI Mayjen Hariyanto.


Ia menjelaskan TNI bekerja sama dengan Polri dan instansi terkait lain untuk memastikan semua aspek pengamanan terkoordinasi dengan baik.

Rencana pengamanan mencakup pengamanan area sekitar lokasi pelantikan, serta pengaturan arus lalu lintas dan akses masyarakat.

"Untuk pelibatan Satuan TNI yang akan Dikerahkan yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Setiap satuan akan memiliki peran khusus, seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VIP, guna menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung," katanya.

TNI juga menyiapkan tindakan preventif untuk mencegah potensi gangguan. termasuk pengawasan ketat di area-area tertentu

"Dengan langkah-langkah kesiapan ini, TNI berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara pelantikan presiden dan wakil presiden," katanya

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Mereka bakal dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan, mekanisme pelantikan Prabowo-Gibran dipastikan masih menggunakan aturan yang lama.

Editor: Surya