Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolri Sematkan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI dan Tiga Kepala Staf
Oleh : Redaksi
Sabtu | 05-10-2024 | 15:44 WIB
Bhayangkara-Utama1.jpg Honda-Batam
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto serta tiga Kepala Staf TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyematkan tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Utama (BBU) kepada Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dalam sebuah upacara yang berlangsung di Gedung Rupattama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada Jumat (4/10/2024).

Selain Panglima TNI, penghargaan serupa juga diberikan kepada tiga Kepala Staf TNI, yaitu KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

Penyematan tanda kehormatan ini, menurut Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Dedi Prasetyo, merupakan simbol dari komitmen Kapolri untuk terus memperkuat sinergitas antara TNI dan Polri. "Ini merupakan bentuk komitmen Polri untuk meningkatkan dan menjaga sinergitas yang telah terjalin baik selama ini, serta akan terus ditingkatkan," ujar Dedi, demikian dikutip laman Humas Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri juga menyampaikan apresiasi kepada Panglima TNI dan ketiga Kepala Staf atas kerjasama erat yang telah terbangun, tidak hanya di tingkat pusat, tetapi juga hingga ke level daerah seperti Polsek, Polres, dan Kodim.

Dedi menegaskan bahwa penghargaan ini merupakan simbol dari kokohnya sinergitas TNI-Polri, yang berperan penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memastikan keberlanjutan pembangunan nasional menuju visi Indonesia Maju. "Sinergitas ini dibangun demi menjaga keamanan dan ketertiban, sekaligus mendukung pembangunan nasional untuk mencapai Indonesia Maju," kata Dedi.

Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan tertinggi yang dianugerahkan Polri kepada individu yang berjasa besar dalam memajukan dan mengembangkan kepolisian. Proses pengajuannya dilakukan oleh Kapolri kepada Presiden RI melalui Dewan Gelar, sesuai dengan Perkap Nomor 4 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pengajuan Tanda Jasa dan Kehormatan.

Dalam acara tersebut, empat tokoh TNI menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Utama sebagai bentuk pengakuan atas kontribusi besar mereka terhadap kemajuan Polri.

Editor: Gokli