Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rayakan Hari Batik Nasional, KBRI Caracas Gelar Kelas Batik untuk Warga Venezuela
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 04-10-2024 | 10:44 WIB
Batik-Caracas.jpg Honda-Batam
KBRI di Caracas mengadakan kelas batik yang diikuti oleh masyarakat Venezuela. (Kemlu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Caracas mengadakan kelas batik yang diikuti oleh masyarakat Venezuela.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara KBRI Caracas dan Canting Club Venezuela, bertujuan memperkenalkan batik sebagai warisan budaya Indonesia sekaligus memperkuat hubungan budaya antara kedua negara.

Sebanyak 25 peserta mengikuti kelas batik yang diadakan di Aula KBRI Caracas. Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, Imam Edy Mulyono, menekankan pentingnya batik sebagai identitas bangsa Indonesia.

"Batik adalah perpaduan seni dan budaya yang telah mendunia. Salah satu cara kami mempromosikan batik di Venezuela adalah dengan mengundang empat desainer batik Indonesia untuk mengadakan fashion show di Caracas pada Mei 2024. Kami berharap kegiatan ini akan mempererat persahabatan dan kerja sama budaya antara Indonesia dan Venezuela,” ujar Dubes Imam Edy Mulyono, demikian dikutip laman Kemlu.

Kelas batik ini akan berlangsung sepanjang Oktober 2024, dibagi menjadi delapan sesi. Peserta akan diajarkan tentang sejarah batik, metode pembuatannya, hingga proses kreatif dari tahap penggambaran hingga menjadi karya batik yang siap dipamerkan. Di akhir program, karya-karya peserta akan dipamerkan di salah satu museum di Caracas, sehingga masyarakat luas dapat menikmati hasilnya.

Dengan kegiatan ini, KBRI Caracas berharap batik dapat semakin dikenal dan dihargai di Venezuela, memperluas jangkauan budaya Indonesia di dunia internasional.

Editor: Gokli