Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kemenpolhukam Tinjau Kesiapan Pilwako Tanjungpinang
Oleh : ah/dd
Senin | 22-10-2012 | 16:50 WIB
toto.gif Honda-Batam
Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenpolhukam, Brigjen TNI Toto S. Moerasad saat berbincang dengan ketua KPU Tanjungpinang, Hamid Ali.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan meninjau kesiapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang jelang pelaksanaan pemilihan wali kota yang akan berlangsung pada akhir bulan ini.


Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenpolhukam, Brigjen TNI Toto S. Moerasad dalam kunjungan Senin (22/10/2012) lebih menyoroti pada kesiapan KPU dalam menggelar pemilukada serta antisipasi jika terjadi konflik yang menyertai pesta demokrasi itu.

"Pemilukada bukan hanya sekedar cara memilih pemimpin namun cara menjadi pemimpin yang baik. Para calon harus siap kalah dan harus bisa meredam konflik. Kami datang ke daerah untuk mengetahui masalah yang terjadi," terangnya.

Toto juga menimbau KPU harus netral dalam pelaksanaan pilkada.

"Kami berharap masyarakat semangkin mengerti etika berpolitik yang baik,  tujuan demokrasi dalam politik, menyejahterakan rakyat, memperbaiki masalah rakyat menjadi agenda utama KPU, Kemenpolhukam, Panwas dan Pemerintah Pusat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Tanjungpinang Hamid Ali mengakui adanya sejumlah kendala diantaranya penegakan undang-undang dalam kampanye.

"Intinya kami meminta pemerintah pusat agar memikirkan dan menimbangkan undang-undang yang akan dibuat, guna mencegah timbulnya konflik akibat penetapan undang-undang yang selalu berubah-ubah" kata Hamid Ali.