Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

JK Sebut 10 dari 15 Konflik Besar di Indonesia Terjadi Karena Ketidakadilan
Oleh : Redaksi
Kamis | 03-10-2024 | 18:04 WIB
jusuf-kalla5.jpg Honda-Batam
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) . (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan 10 dari 15 konflik besar yang terjadi sejak Indonesia merdeka karena dilatarbelakangi oleh ketidakadilan.

"Di Indonesia selama merdeka, ada 15 konflik besar dan 10 diantaranya itu terjadi karena ketidakadilan, ketidakadilan ekonomi, ketidakadilan sosial, ketidakadilan politik," kata JK dalam pidatonya di acara MUI di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

JK tak menafikan jika masalah ketidakadilan yang diterima masyarakat menjadi akar penyebab konflik di Indonesia. Ia mencontohkan beberapa di antaranya seperti konflik di Aceh, Poso dan Ambon terjadi karena ketidakadilan.

"Karena itulah maka kita semua harus berupaya dengan baik," kata JK.

Selain itu, JK juga mengatakan pelbagai konflik yang terjadi di negara-negara yang berpenduduk Islam di dunia juga terjadi lantaran akibat warisan kolonial.

Ia mencontohkan kasus ini terjadi di Palestina, Pakistan, India, Afganistan hingga suku Rohingya di Myanmar.

JK menjelaskan konflik di Palestina awalnya terjadi karena kolonial Inggris kala itu membagikan batas wilayah kepada kelompok Yahudi yang dituliskan dalam satu kertas. Kemudian konflik di Myanmar terjadi karena mendatangkan orang oleh kolonial Inggris.

"Konflik hubungan antara warisan kolonial, kemudian ketidakadilan, dan juga karena upaya-upaya penguasaan ekonomi menyebabkan lah konflik dan penjajahan baru di muka bumi ini. Dan tentu ini sangat berbahaya pada masa datang," kata JK.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha