Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

152 Anggota DPD RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik
Oleh : Irawan
Selasa | 01-10-2024 | 15:04 WIB
Ismeth_Pimpin_Sidang.jpg Honda-Batam
Anggota tertua DPD RI Ismeth Abdullah dari Provinsi Kepulauan Riau didapuk menjadi Pimpinan Sementara DPD RI bersama Larasati Moriska yang merupakan Anggota DPD RI termuda, berasal dari Provinsi Kalimantan Utara

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Sebanyak 152 Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Masa Keanggotaan 2024-2029 secara resmi dilantik pada Selasa (1/10/2024).

Anggota tertua DPD RI Ismeth Abdullah dari Provinsi Kepulauan Riau didapuk menjadi Pimpinan Sementara DPD RI bersama Larasati Moriska yang merupakan Anggota DPD RI termuda, berasal dari Provinsi Kalimantan Utara.

Sidang Paripurna Awal Masa Jabatan DPD RI digelar di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Senayan Jakarta.

Pimpinan Sementara DPD RI Ismeth Abdullah dan Larasati Moriska memimpin jalannya Sidang Paripurna Ke-1 Masa Sidang I Tahun Sidang 2024-2025.

Agenda Sidang ini adalah Pembukaan Tahun Sidang DPD RI Masa Jabatan periode 2024-2029, Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPD RI, Penyerahan Memori Jabatan dari Pimpinan DPD RI Periode 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPD RI, dan Penetapan Kelompok Anggota Provinsi.

"Sidang paripurna kali ini mengagendakan salah satunya pengucapan sumpah/janji Anggota DPD RI Masa Keanggotaan 2024-2029," ucap Ismeth.

Sekjen DPR Rahman Hadi membacakan keputusan presiden tentang peresmian keanggotaan DPR periode 2024-2029.

152 Anggota DPD RI kemudian mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPR dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin.

Termasuk 4 Senator asal Kepri, yakni Ria Saptarika, Dharma Setiawan, Ismeth Abdullah dan Dwi Ajeng Sekar Respaty.

"Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," lanjutnya.

Selanjutnya, prosesi ini dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPR secara simbolis yang disaksikan Ketua MA.

"Agenda selanjutnya pada sidang ini akan dilakukan penyerahan Memori Jabatan dari Pimpinan DPD RI Periode 2019-2024 kepada Pimpinan Sementara DPD RI dan dilanjutkan berita acara serah terima.

"Semoga menjadi langkah awal dalam mengemban amanah konstitusi sebagai anggota DPD dan secara konsisten memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah di tingkat pusat," lanjut Ismeth.

Selanjutnya, masih di hari yang sama, akan diagendakan rapat konsultasi Pimpinan Sementara DPD RI dengan perwakilan provinsi di Gedung DPD RI, Sidang Paripurna II DPD RI dengan agenda Pengesahan Jadwal Sidang Awal Masa Jabatan 2024-2029, dan Sidang Paripurna III dengan agenda pemilihan Pimpinan Tetap DPD RI 2024-2029.

"Kita telah menyelesaikan berbagai sidang pagi ini dan selamat bertugas dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan mengabdi untuk daerah, DPD RI Dari Daerah Untuk Indonesia," pungkas Senator dari Kepulauan Riau.

Editor: Surya