Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FIFA Rekomendasi Nurdin Tidak Maju Pencalonan Ketum PSSI
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 03-03-2011 | 17:40 WIB
sepp_blatter_.jpg Honda-Batam

Presiden FIFA, Sepp Blatter (Foto: Istimewa)

Zurich, batamtoday - FIFA, Badan Sepakbola Dunia merekomendasikan kepada Nurdin Halid untuk tidak maju lagi dalam pencalonan sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) periode mendatang, Surat Rekomendasi ini dihasilkan dalam rapat komite asosiasi FIFA di Zurich, Swiss, Selasa kemarin, 1 Maret 2011.

Demikian diberitakan World Football Insider yang mendapatkan informasi ini dari sumber yang dekat dengan Komite Asosiasi FIFA, berita ini juga dikonfirmasikan kepada Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Djoko Susilo.

Tidak hanya soal Nurdin, FIFA juga memberi rekomendasi kepada PSSI untuk segera menggelar Kongres Luar Biasa dalam dua tahap. Tahap pertama, memilih komite pemilihan yang independen dan bekerja berlandaskan status FIFA. Sedangkan tahap kedua menggelar pemilihan Ketua Umum PSSI, pada bulan berikutnya.

Namun demikian, juru bicara FIFA menolak untuk berkomentar mengenai isi rapat tersebut. Pihaknya masih menunggu rekomendasi itu disahkan oleh Komite Eksekutif FIFA, pada sidang yang akan dilaksanakan Rabu dan Kamis besok. Setelah selesai, akan digelar konfrensi pers atas hasil rapat itu.

Anggota Komite Etik FIFA yang juga Deputi Sekjen Bidang Luar Negeri PSSI, Suryadharma “Dali” Tahir, mengutarakan hasil pertemuannya dengan Sekjen FIFA, Jerome Valcke. PSSI menyatakan masih menunggu keputusan resmi FIFA tentang kemelut yang melanda persepakbolaan nasional belakangan ini. Namun Dali mengatakan kemungkinan besar PSSI dan juga Indonesia takkan terkena sanksi dari Badan Sepakbola Dunia, FIFA.


"Dalam pertemuan saya dengan Sekjen FIFA, Jerome Valcke, Senin sore lalu, masalah sanksi itu memang tidak disebut-sebut olehnya. Hal itu sekaligus membuktikan bahwa FIFA masih memberikan dukungannya kepada kita, sehingga masalah sanksi untuk kita tidak dibahas pada sidang Komite Asosiasi tersebut," kata Dali, Rabu pagi, 2 Maret 2011, seperti diberitakan situs PSSI.

"Kami masih menunggu keputusan resmi dari FIFA," kata Sekjen PSSI, Nugraha Besoes. Dia mengatakan komite-komite tetap FIFA menggelar pertemuan pada pekan ini bertepatan dengan Rapat Komite Eksekutif FIFA pada 2-3 Maret di Zurich, Swiss. Rapat Exco FIFA dipimpin langsung Presiden Joseph 'Sepp' Blatter.