Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Megawati ke Rusia-Uzbekistan, Beri Kuliah Umum dan Terima Doktor HC
Oleh : Redaksi
Minggu | 15-09-2024 | 18:04 WIB
megawati_pdip2.jpg Honda-Batam
residen RI ke-5 Megawati Soekarnoputri yang juga Ketua Umum PDIP (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, tiba di St. Petersburg, Rusia, pada Sabtu (14/9) pukul 19.00 waktu setempat. Megawati memiliki serangkaian agenda, termasuk memberi kuliah umum di Rusia dan menerima gelar doktor honoris causa (HC) di Uzbekistan.

Berdasarkan dari keterangan resminya, Ketua Umum PDIP itu berangkat dari Jakarta kemudian transit di Tashkent, Uzbekistan, sebelum tiba di Rusia.

Megawati mendarat di Bandara Pulkova di St. Petersburg lalu disambut oleh rombongan yang di antaranya terdiri dari Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Anggota DPR Herman Herry, Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia, Jose Tavares, dan Duta Besar Dunia Pendidikan dan Iptek untuk St.Petersburg University Connie Rahakundini Bakrie.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan jadwal Megawati di Rusia pada Minggu (15/9/2024) yakni bertemu Rektor Universitas St. Petersburg Prof. Nikolay Kropachev dan memberikan kuliah umum.

Kemudian Megawati juga bakal menghadiri jamuan makan siang oleh Gubernur St. Petersburg di Balai Kota.

Kemudian Presiden Kelima Indonesia yang kini menginjak usia 77 tahun itu juga akan menjadi pembicara kunci di Forum Rektor Universitas se-Rusia, dilanjutkan peletakan bunga di Piskarevsky Memorial Cemetery, yang merupakan kenangan atas peristiwa Pengepungan Leningrad.

Dari Rusia, Megawati diagendakan ke Uzbekistan untuk Uzbekistan untuk ziarah ke makam Imam Besar Al Bukhori di Samarkand, dan menerima gelar doktor kehormatan.

"Rencananya penganugerahan gelar doktor kehormatan (Dr.H.C.) dari Silk Road University, Samarkand, pada Sabtu, (21/9/2024)," ujar Hasto.

Editor: Surya