Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Proyek Ekspor Energi Vanda RE Capai Tonggak Pengembangan Utama, Percepat Jalur Menuju Kelayakan Komersial
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-09-2024 | 12:44 WIB
1209_Energi-Vanda-RE_09393488.jpg Honda-Batam
Lisensi Bersyarat (Conditional Licence) dari EMA diperoleh beberapa hari setelah framework supply agreement utama tercapai. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Singapura - Vanda RE Pte Ltd, sebuah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Gurin Energy Pte Ltd, hari ini mengumumkan bahwa perusahaan tersebut telah dianugerahi Lisensi Bersyarat (Conditional Licence) oleh Otoritas Pasar Energi (Energy Market Authority/EMA) Singapura.

Conditional Licence tersebut diberikan kepada Vanda RE ketika perhelatan Indonesia Sustainability Forum berlangsung di Jakarta, minggu lalu, sebagai pengakuan atas kelayakan teknis dan komersial dari proyek ekspor Vanda serta kemampuannya untuk memenuhi persyaratan di Indonesia dan Singapura. Vanda RE menerima Persetujuan Bersyarat (Conditional Approval) dari EMA pada tahun 2023.

Pengumuman ini merupakan puncak dari satu minggu yang penuh dengan kemajuan luar biasa bagi Vanda RE. Perusahaan ini minggu lalu mengumumkan kesepakatan besar dengan produsen panel surya terkemuka untuk memasok 1,2 GW panel fotovoltaik surya mutakhir untuk Proyek Vanda Solar & Battery.

Proyek Vanda Solar & Battery adalah proyek pengembangan tenaga surya dan penyimpanan energi berskala utilitas, yang didukung oleh 2.000MW kapasitas terpasang fotovoltaik (PV) surya dan 4.400MWh penyimpanan baterai, yang menempatkannya sebagai salah satu rencana proyek terbesar di dunia dalam bidangnya.

Ketika tahap operasional dimulai pada tahun 2028, proyek ini akan memasok Singapura dengan 300MW listrik tanpa gangguan dan tanpa emisi - energi yang cukup untuk mengaliri listrik kepada 390.000 rumah tangga di Singapura setiap tahunnya. Proyek ini merupakan bagian dari rencana bersama antara pemerintah Indonesia dan Singapura untuk membangun koridor perdagangan listrik ramah lingkungan antara kedua negara.

Assaad Razzouk, Chief Executive Officer, Gurin Energy, mengatakan, Conditional Licence adalah bukti nyata dari langkah maju yang telah diambil oleh Vanda RE, bersama dengan mitra dan pemangku kepentingan kami, sejak mendapatkan Conditional Approval tahun lalu.

"Saya sangat senang bahwa minggu ini, kami telah menandatangani framework supply agreement dengan Trinasolar, pemimpin global dalam solusi fotovoltaik pintar dan penyimpanan energi, untuk 1,2 GW modul canggih untuk proyek kami; dan memperoleh Conditional Licence dari EMA - tonggak penting yang mendorong pengembangan Proyek Vanda Solar & Battery ke depan untuk memasok 100% energi terbarukan ke Singapura pada tahun 2028," ujar Assaad Razzouk dalam keterangannya, Rabu (11/9/2024).

Editor: Gokli