Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Parade Kapal Perang & Pesawat Meriahkan Peringatan HUT TNI AL ke-79 di Teluk Jakarta
Oleh : Redaksi
Selasa | 10-09-2024 | 11:44 WIB
AR-BTD-5289-Kapal-Perang-RI.jpg Honda-Batam
Sejumlah kapal perang ditampilkan saat parade alat utama sistem senjata (alutsista) dalam rangka perayaan HUT ke 79TNI AL di Teluk Jakarta, Selasa (10/9/2024) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sejumlah kapal perang dan pesawat ditampilkan saat Sailing Pass atau parade alat utama sistem senjata (alutsista) dalam rangka perayaan HUT ke 79TNI AL di Teluk Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Upacara peringatan HUT ke-79 TNI AL digelar di atas KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 dipimpin langsung Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan didamping KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Peringatan HUT ke-79 TNI AL mengusung tema Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju.

Dalam Sailling Pass ditampilkan sebanyak 38 KRI termasuk kapal perang tipe multi role light frigate (MLRF), PKR, Sigma, KRI Dewa Ruci, Combat Boat, KRI kelas Landing Platform Dock (LPD), 26 pesawat udara dari Pusat Penerbangan TNI AL, hingga kapal selam.

Selain itu juga ditampilkan berbagai atraksi kemampuan prajurit dalam menggunakan alutsista dan pemberian penghargaan terhadap KRI dan satuan teladan.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengatakan bahwa Upacara hari jadi ke-79 TNI AL tahun 2024 ini menjadi sangat istimewa.

Momentum bersejarah ini melambangkan tranformasi organisasi TNI AL menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis.

Selain Panglima TNI, Kasal turut menyebutkan bahwa pelaksanaan HUT TNI AL kali ini memiliki perbedaan dengan yang telah dilaksanakan sebelumnya, biasanya HUT TNI AL yang ditampilkan di Pangkalan, kini digelar di atas kapal perang yang sedang berlayar.

"Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut yang ke-79 di tahun 2024 ini dan upacara kali ini diadakan sedikit beda beda dengan yang lainnya yaitu digelar di laut tepatnya di Teluk Jakarta dimana atraksi yang ditampilkan oleh Prajurit TNI AL di laut merupakan modal untuk ditampilkan kembali pada perayaan HUT TNI 5 Oktober di Monas nanti," ujar Kasal

HUT TNI AL tahun ini juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kasau Marsekal TNI Mohamad Tony Harjono, para Kasal dari masa ke masa.

Para Pejabat Utama Mabes TNI, para Pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Pejabat Kementerian/Lembaga, Forkopimda DKI Jakarta, Ketua Umum Jalasenastri beserta pengurus, Mitra Kemaritiman dan sejumlah masyarakat yang ikut serta berlayar di atas KRI Banda Aceh-593.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan acara tambahan yaitu pemberian penghargaan terhadap KRI Teladan Tahun 2024 yang diraih oleh KRI Sultan Iskandar Muda-367, Satuan Kapal Eskorta Koarmada II. Bama dan Tamtama Teladan.

Editor: Surya