Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konsumsi Multivitamin Tiap Hari Kurangi Risiko Kanker
Oleh : dd/mdk
Jum'at | 19-10-2012 | 12:56 WIB

BATAM, batamtoday - Mengonsumsi multivitamin setiap hari mampu mengurangi risiko serangan kanker. Hal itu disampaikan oleh penelitian terbaru dari Amerika Serikat.


Seperti yang dilansir dari Daily Mail (17/10), konsumsi multivitamin selama lebih dari sepuluh tahun secara teratur tepatnya menurunkan risiko penyakit pada pria sebanyak 8 persen. Sayangnya, peneliti tidak bisa mengidentifikasi jenis vitamin atau kombinasi tertentu yang berkhasiat demikian.

Peneliti juga hanya melibatkan para pria dalam percobaannya, sehingga tidak mengetahui khasiat yang pasti pada wanita. Meskipun mereka menduga wanita juga akan mendapatkan manfaat serupa.

Hampir 15.000 dokter mengambil bagian dalam survey di Brigham and Women's Hospital di Boston dan Harvard Medical School. Salah satu peneliti kemudian menyebutkan kalau banyak orang sudah rutin mengonsumsi multivitamin. Tetapi sampai sekarang, manfaat jangka panjangnya belum diketahui.

Melalui data analisis, pria yang rajin mengonsumsi multivitamin setidaknya menurunkan risiko kanker sebesar 8 persen. Termasuk kanker usus besar, paru-paru, dan kandung kemih. Namun untuk risiko kematian akibat kanker, tidak ada keterangan mengenai masalah itu.

Pil yang biasanya dikonsumsi paling banyak oleh masyarakat Amerika Serikat bernama Centrum Silver. Di dalamnya disebutkan mengandung vitamin A, C, D, E, B6, dan B12, kalsium, selenium, dan zinc.

Hasil penelitian pun telah diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association. Kemudian peneliti menyampaikan presentasinya melalui konferensi rutin Annual American Association for Cancer Research's Frontiers.

"Meskipun alasan orang minum multivitamin agar mencegah kekurangan nutrisi, data yang kami himpun rupanya membuktikan bahwa mengonsumsi multivitamin bisa mencegah kanker pada pria dewasa," tutur kepala peneliti Dr Michael Gaziano.

Peneliti sebenarnya berspekulasi peran vitamin dan mineral dalam mencegah kanker. Namun mereka juga mengaku bahwa indentifikasi mekanisme komponen multivitamin dalam mengurangi risiko kanker.