Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Pembobolan di BCS Mall

Rudi Theo: Ini Hanya Persaingan Bisnis
Oleh : Hendra Zaimi
Kamis | 03-03-2011 | 16:36 WIB

Batam, batamtoday - General Manager, Batam City Square (BCS) Mall, Rudi Theo mengatakan, pembobolan yang terjadi terhadap sembilan gerai di pusat perbelanjaan miliknya, Kamis, 3 Februari 2011 dilakukan oleh saingan bisnisnya dan bukan dilakukan oleh kawanan maling yang profesional.

"Ini hanya bagian dari persaingan bisnis yang tidak sehat dan tidak senang derngan mall kami," kata Rudi.

Rudi menambahkan, ada banyak terdapat kejanggalan yang terjadi terhadap aksi pembobolan di sembilan gerai di mall yang dikelolanya ini, sebab kawanan rampok hanya mengacak-acak sejumlah gerai dan mengambil uang dalam nominal kecil. Bahkan Rudi menduga kawanan profesional pasti mereka mengambil dalam jumlah besar.

"Pelaku bisa dari luar ataupun dari orang dalam sendiri," kata Rudi.

Hasil rekaman CCTV yang ada, kawanan maling yang diduga berjumlah dua orang dan menggunakan sebo, setiap melintas di depan CCTV selalu menutupi wajah atau membelakangi CCTV.

"Ada kemungkinan pelakunya orang dalam, namun anehnya setiap pintu di mall itu tidak ada yang dirusak," tambahnya.

Petugas security yang berjaga pada saat malam hari ada delapan personil, semuanya berjaga di luar gedung. namun sebelum mall ditutup pada malam hari, security telah melakukan pengecekan terhadap seisi gedung mulai dari lantai paling bawah sampai ke atas.

Anehnya menurut Rudi, pelaku melakukan aksi pembobolan terhadap toko emas Star 99, dimana toko emas itu CCTVnya memang tidak aktif, sedangkan toko emas lain yang CCTVnya aktif tidak disentuh kawanan maling sama sekali.

Sedangkan di toko handphone yang berada di Basement, pelaku cuma mengacak-acak barang yang ada digerai itu dan merusak laci uang, tanpa mengambil uang yang ada di gerai tersebut.

"Ada yang aneh dengan kejadian ini, kerugian yang dialami setiap gerai tidak lebih dari Rp5 juta rupiah, namun semua kerugian itu akan kita ganti," pungkas Rudi.

Pihak managemen BCS Mall berjanji akan membantu pihak kepolisian untuk mengungkap kasus ini, selain itu pihaknya juga akan memberikan hasil rekaman CCTV yang ada untuk diberikan kepada polisi untuk mempermudah dan mempercepat proses penyidikan.