Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PT Pos Indonesia.dan Kominfo Luncurkan Prangko Khusus Seri Kunjungan Paus Fransiskus
Oleh : Redaksi
Senin | 02-09-2024 | 10:44 WIB
prangko_paus_fransiskus.jpg Honda-Batam
KWI bekerja sama dengan Kominfo dan PT Pos Indonesia meluncurkan prangko khusus bertema Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024 diabadolam dalam sebuah prangko seri kunjungan yang diluncurkan di Plaza Maria Katedral, Jakarta, Senin (2/9/2024).

Peluncuran itu ditandai dengan penandatanganan sampul hari pertama yang dilakukan secara bersama-sama oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dan PT Pos Indonesia.

"Penerbitan Prangko Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia ini adalah suatu kehormatan besar bagi gereja Katolik, khususnya gereja Katolik di Indonesia," ujar Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Kardinal Suharyo.

Kardinal Suharyo berharap, prangko khusus ini akan tersebar ke seluruh penjuru Tanah Air, demikian juga dengan pesan yang ada di balik prangko tersebut.

"Kita harapkan bukan hanya barang prangko itu yang tersebar, tetapi pesan yang ada di balik prangko itu, yakni kehadiran pemerintah di dalam perkembangan gereja Katolik di Indonesia mendorong kehadiran Paus Fransiskus sebagai pimpinan gereja Katolik yang merupakan kehadiran yang ketiga di dalam sejarah," jelas Kardinal Suharyo.

Lebih dalam Kardinal Suharyo mengatakan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat menumbuhkan pribadi-pribadi yang makin beriman.

"Harapannya kita semua bertumbuh menjadi pribadi-pribadi yang makin beriman. Itulah ciri khas bangsa Indonesia dan buahnya pada persaudaraan yang juga merupakan salah satu nilai yang sangat, bukan hanya unggul tetapi sangat mulia di dalam kehidupan berbangsa,” ujarnya.

“Kita semua berharap agar dinamika itu bermuara pada bela rasa, bukan persaudaraan teoritis atau konseptual tetapi persaudaraan yang sungguh bergerak di dalam tindakan-tindakan nyata supaya makin dekatlah cita-cita kemerdekaan bangsa kita," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pos Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Gunawan Hutagalung mengatakan, prangko sebagai duta bangsa dan memiliki peran penanda sejarah yang penting bagi Indonesia.

“Kami dari Kominfo mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam penerbitan prangko seri Kunjungan Paus Fransiskus ini,” ujarnya.

Dijelaskan, prangko khusus ini akan diberkati pula oleh Paus Fransiskus saat misa suci di Gelora Bung Karno (GBK).

Editor: Surya