Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puluhan Ribu Masyarakat Padati WOW Indonesia! Festival di Amerika Serikat
Oleh : Rerdaksi
Sabtu | 31-08-2024 | 10:48 WIB
WOW-Indonesia.png Honda-Batam
WOW Indonesia! Festival yang dipusatkan di Depan Capitol Hill, Gedung Kongres Amerika Serikat di Washington, DC pada Minggu (25/08/2024) lalu. (Kemlu)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara khusus hadir dan membuka WOW Indonesia! Festival yang dipusatkan di Depan Capitol Hill, Gedung Kongres Amerika Serikat di Washington, DC pada Minggu (25/08/2024) lalu.

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta; perwakilan pemerintah AS; Duta Besar (Dubes) negara-negara sahabat; pejabat Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF) serta penggiat budaya dari AS.

WOW Indonesia! merupakan pagelaran kebudayaan Indonesia terbesar yang pernah diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, DC.

Di hadapan lebih dari 20.000 masyarakat AS yang memadati Pennsylvania Avenue, sebuah jalan protokol di tengah Kota Washington, DC, Menlu Retno menyebut bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari puncak perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan AS serta bentuk komitmen Indonesia untuk meningkatkan people-to-people contact di antara kedua negara.

"Meskipun secara geografis terpisah jarak yang luas, namun Indonesia dan AS memiliki banyak kesamaan, antara lain keragaman masyarakat, toleransi, demokrasi serta komitmen terhadap HAM dan rule of law. Indonesia dan AS perlu semakin memperkuat persahabatan, agar terjalin semakin banyak kerjasama yang saling menguntungkan dan berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas dunia," ujar Menlu Retno, demikian dikutip laman Kemlu.

Dubes Marcia Bernicat dari Kementerian Luar Negeri AS yang hadir mewakili Pemerintah AS, menggarisbawahi persahabatan erat yang telah dijalin secara kuat oleh kedua negara. "Diaspora Indonesia-AS merupakan salah satu komunitas diaspora yang paling pesat berkembang di AS. Saya sangat mengapresiasi kontribusi positif diaspora Indonesia yang tidak hanya memperkaya keberagaman di AS, namun juga memperkuat hubungan antarmasyarakat kedua negara," tegasnya.

Selama berlangsungnya Festival Indonesia, para pengunjung dimanjakan dengan pesona khasanah kebudayaan Indonesia y ang disajikan secara apik, mulai dari penampilan musisi pop Indonesia, fashion show wastra budaya, tari-tarian, pertunjukan gamelan hingga parade budaya oleh Jember Fashion Carnival (JFC) yang cukup dikenal di dunia internasional.

Tidak hanya itu, para pengunjung juga diajak menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia melalui demo masak dan stand makanan khas Indonesia, mulai dari rendang, sate, gado-gado, hingga gudeg Jogja. Sejumlah pengunjung mengapresiasi acara ini. Alex Wintraub misalnya, warga AS dari DMV mengaku beruntung berkesempatan menyicipi makanan-makanan Indonesia pada Festival.

"Kuliner Indonesia sangat enak. Para pengunjung, khususnya masyarakat AS yang belum pernah mencoba makanan-makanan Indonesia harus datang ke Festival ini," ujarnya.

WOW Indonesia! Festival turut diramaikan dengan penampilan Andien & Ronald Steven, Stephanie Poetri, Ekos Dance Company, Mansyur Anklung dan Warren Hue. Festival mendapat resp on yang sangat positif dari masyarakat dan diaspora di Washington DC, Maryland dan Virginia serta diliput oleh berbagai media tradisional dan elektronik di AS.

Selain menggelar Festival, dalam rangkaian WOW Indonesia!, KBRI Washington DC juga menggelar Forum Bisnis pada tanggal 26 Agustus 2024. Ibu Menteri Luar Negeri RI memberikan keynote speech dan menggarisbawahi komitmen Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dengan AS di berbagai bidang, antara lain menciptakan global supply chain yang berketahanan, mineral kritis dan transisi energi, dengan prinsip inklusivitas.

Forum menghadirkan pimpinan berbagai perusahaan ternama, seperti Apple, Disney, VISA, Mastercard, Google, ExxonMobil , Freeport, Ford, Trinitan Green Energi Metals dan Lockheed Martin. Forum Bisnis ini diselenggarakan bekerja sama dengan Bank Indonesia, US-ASEAN Business Council (USABC), dan Indonesia Investment Promotion Center New York (IIPC NY).

Selain itu, perayaan 75 tahun juga diramaikan dengan Knowledge Forum yang diselenggarakan tanggal 22 Agustus 2024 di Bank Dunia dan SMEs Trade Forum dan 23 Agustus 2024 di KBRI Washington DC. Knowledge Forum oleh Bank Dunia bertajuk Indonesia Knowledge Forum: Development and Beyond antara lain mengangkat topik transisi energi dan infrastruktur hijau.

Forum dibuka dengan recorded keynote speech dari Menteri Keuangan. Forum ini dihadiri pula oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Regional Vice President World Bank dan perwakilan K/L, serta perwakilan akademisi dan lembaga pembangunan AS. Penyelenggaraan Forum juga bertepatan dengan peringatan 70 tahun development partnership antara Indonesia dan World Bank Group.

SMEs Trade Forum menjadi wadah yang efektif untuk mendukung perluasan pasar produk UKM Indonesia di AS dengan mempertemukan UMKM Indonesia dengan perusahaan AS. Forum menghadirkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai nara sumber utama, Ketua Kamar Dagang AS - Indonesia dan Atase Perdagangan Indonesia di Washington DC.

Editor: Gokli