Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dongkrak Kunjungan Wisatawan India, Bintan Resorts Jalin Kerja Sama dengan VFS Global
Oleh : Harjo
Kamis | 29-08-2024 | 15:24 WIB
kerja-sama-wisata.jpg Honda-Batam
Penandatanganan kerja sama Bintan Resorts dengan VFS Global Services Private Limited, 29 Agustus 2024 di Hotel Grand Lagoi, Bintan Resorts. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bintan Resorts menjalin kemitraan dengan VFS Global Services Private Limited, sebuah Kantor Perwakilan Pelayanan Pariwisata Pasar India.

Kerja sama ini sebagai upaya strategis untuk mencapai pasar India yang lebih luas ke destinasi wisata Pulau Bintan di Provinsi Kepulauan Riau.

Chief Operating Officer Bintan Resorts, Abdul Wahab, menyampaikan kemitraan ini resmi ditandai dengan penandatanganan sebuah kesepakatan pada 29 Agustus 2024 di Hotel Grand Lagoi, Bintan Resorts.

Tujuan dari kolaborasi yang berfokus pada pemasaran destinasi wisata Bintan Resorts di Pulau Bintan, dengan target pasar dari negara India adalah untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik Pulau Bintan sehingga menjadikannya sebagai destinasi pilihan utama bagi wisatawan dari negara tersebut.

Dengan memanfaatkan jaringan luas, VFS Global di seluruh India, baik di kota besar maupun kecil, serta koneksi kuat dengan bisnis, media, dan entitas korporat, kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan wisatawan dari India ke Pulau Bintan.

Bintan Resorts berkomitmen untuk menonjolkan potensi pariwisata yang dimiliki Pulau Bintan. Dari kekayaan kuliner yang khas, objek wisata, budaya dan seni, hingga layanan berkualitas tinggi dan keramahan yang mengutamakan kenyamanan. Hal-Hal tersebut akan mampu menjadikan Pulau Bintan sebagai destinasi yang sangat menarik bagi pelancong India.

"Kami sangat antusias dapat menjalin kemitraan dengan VFS Global untuk memperkenalkan keindahan dan pesona Pulau Bintan kepada pasar India," ujar Abdul Wahab, Kamis (29/8/2024).

Kolaborasi ini akan mengangkat status Bintan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan India. Kiat sangat menantikan kesempatan untuk menyambut lebih banyak lagi wisman dari India dan memberikan pengalaman luar biasa yang hanya bisa ditawarkan Pulau Bintan kepada wisatawan.

Kemitraan ini akan meluncurkan kampanye pemasaran yang terarah di kota-kota besar di India, dengan tujuan memposisikan Bintan sebagai destinasi wisata utama yang berdampingan dengan Singapura. Mengusung strategi dual-destination yang inovatif, memperkenalkan tagline menarik yang menonjolkan daya tarik unik Bintan, mulai dari liburan keluarga yang menyenangkan, petualangan yang menggugah adrenalin, hingga pengalaman kuliner yang memikat dan acara-acara istimewa seperti pernikahan, MICE, dan lainnya.

Promosi akan difokuskan pada platform digital dan media sosial, bekerja sama dengan influencer, penjualan B2B, serta mengorganisir lokakarya dan pengenalan produk serta layanan untuk influencer dan pembuat konten. Inisiatif utama lainnya adalah bekerja sama erat dengan mitra biro perjalanan yang telah dibina oleh kedua pihak selama bertahun-tahun, untuk mempromosikan Pulau Bintan kepada klien mereka.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Abdul Wahab bahwa dengan memposisikan Bintan Resorts sebagai destinasi yang saling melengkapi dengan negara Singapura, dapat diakses dengan mudah hanya melalui perjalanan feri yang nyaman selama 60 menit dari negara tetangga tersebut. "Kami ingin menarik pangsa pengunjung India, kata Wahab. Pendekatan destinasi ganda ini diharapkan dapat menjadi daya tarik karena pengunjung dapat menikmati berbagai pengalaman budaya, atraksi, dan keindahan berbeda di kedua negara, yang memberi nilai tambah bagi keseluruhan perjalanan wisata tersebut," paparnya.

Sementara itu. G B Srithar, Pimpinan Operasional Pariwisata di VFS Global, mengatakan dengan memanfaatkan jaringan media yang luas dan koneksi VFS Global sebagai mitra maka secara signifikan tentu akan meningkatkan visibilitas Pulau Bintan dan menarik arus wisatawan India yang besar.

"Bersama-sama, kami akan berupaya meningkatkan kedatangan wisatawan India ke Pulau Bintan dan memperkaya pengalaman perjalanan mereka secara komprehensif. Prioritas utama kedua pihak adalah menawarkan wisata unggulan Pulau Bintan kepada calon pelancong dari India, dan mengedukasi mereka tentang kemudahan aksesibilitas ke pulau ini dari Singapura untuk berlibur bersama keluarga, ataupun rombongan wisata besar dan kecil," kata G B Srithar.

Ia mencatat bahwa pasar India menghadirkan peluang yang menjanjikan bagi sektor pariwisata Bintan, mengingat India adalah sumber pengunjung terbesar ketiga bagi negara Singapura pada tahun 2019, dengan sekitar 1,4 juta wisatawan.

Di tahun 2023 angka pengunjung wisatawan India ke Singapura adalah 1,08 juta orang. Oleh karenanya, Bintan Resorts ingin menarik perhatian sebagian wisatawan yang berkunjung ke Singapura ini untuk singgah berlibur ke Pulau Bintan.

Acara penandatanganan kesepakatan pariwisata tersebut disaksikan oleh Ahdi Muqsith, Wakil Bupati Bintan dan Agi Arisetyawan, Ketua Bintan Resorts Council, serta dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan seperti Guntur Sakti, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau; Arief Sumarsono, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan; anggota Bintan Resorts Council, serta stakeholder lainnya dari industri perjalanan dan pariwisata serta awak media.

Editor: Gokli