Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polda Kepri Terjunkan 6.000 Personel Amankan Pilkada Serentak 2024
Oleh : Aldy
Senin | 26-08-2024 | 13:44 WIB
Yan-Fitri1.jpg Honda-Batam
Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, usai memimpin apel gelar pasukan di Dataran Engku Putri Batam Center, Kota Batam, Senin (26/8/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 6.000 personel Polri bakal diterjunkan untuk mengamankan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Kepri.

Hal itu diungkapkan Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, saat upacara gelar pasukan di Dataran Engku Putri Batam Center, Kota Batam, Senin (26/8/2024).

Kapolda Yan Fitri menjelaskan, pengamanan dalam pesta demokrasi (Pemilu maupun Pilkada) bukan kali pertama digelar. Tentunya, Polri sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengawal jalannya pesta demokrasi tersebut.

"Pemilu seperti ini bukan pertama kali. Sebelumnya Pilpres dan Pileg berjalan lancar pada Februari 2024 lalu. Artinya personel masih fresh untuk kegiatan serupa," katanya.

Dikatakan Kapolda, ada delapan kegiatan Pilkada Serentak di Provinsi Kepri, terdiri dari 2 kota, 5 kabupaten dan 1 provinsi. "Ini 7 plus satu gelaran Pilkada," ujarnya.

Lanjutnya, dari 6 ribu personel yang disiapkan, 3 ribu di antaranya disiagakan untuk pengamanan TPS. "Dan didukung 678 personel dari TNI dan stekholder terkait, seperti petugas Damkar serta lainnya," ungkapannya.

Kapolda menambahkan, dengan Kepri yang didominasi wilayah lautan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah kapal untuk menunjang kelancaran pengamanan Pilkada November mendatang. "Polri menyiapkan beberapa kapal, Pemko dan Pemprov juga menyiapkan kapal termasuk bantuan dari Angkatan Laut, seperti dari Bakamla," pungkas Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah.

Editor: Gokli