Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PKB Secara Resmi Umumkan Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran
Oleh : Redaksi
Minggu | 25-08-2024 | 15:04 WIB
prabowo_muhaimin.jpg Honda-Batam
Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta-DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) secara resmi menyatakan bergabung ke dalam pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Hal ini sejalan dengan hasil Muktamar VI partai yang diselenggarakan di Bali.

Wasekjen DPP PKB, Syaiful Huda menyatakan kesepakatan ini juga diambil atas permintaan para muktamirin, yang berasal dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Ia menyebut PKB mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.

"Keputusan Muktamar secara kelembagaan PKB resmi bergabung dan mendukung pemerintah Prabowo Subianto dengan Gibran Rakabuming Raka," kata Huda dalam konferensi pers usai penutupan Muktamar, Minggu (25/8/2024).

Ia menyebut hal ini adalah sikap resmi dari PKB. Hasil perundingan sudah disepakati oleh peserta Muktamar VI.

"Jadi kalau selama ini masih bersifat belum kelembagaan pada muktamar ini kami pertegas sikap politik PKB," ujar Huda.

"PKB secara institusi secara lembaga muktamirin sepakati PKB masuk bergabung menjadi bagian dari pemerintahan Prabowo-Gibran," imbuhnya.

Sedangkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memamerkan pencapaian PKB kembali lolos ke parlemen di Pemilu 2024 walau harus melalui berbagai tantangan yang sulit ditaklukkan.

Cak Imin menyebut PKB berhasil lolos di Pileg 2024 meskipun ada' teman-teman' yang justru berupaya menghambat keberhasilan PKB.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pidato penutupan Muktamar PKB ke-6 di Bali Nusa Dua Covention Center, Minggu (25/8)/2024.

"2024 pemilu yang paling brutal PKB justru lolos dengan seluruh keterbatasan yang kami miliki meskipun digembosi temen-temen sendiri," kata Cak Imin.

"Digembosi temannya Gus Kautsar, digembosi dengan berbagai cara, alhamdulillah yang ingin saya sampaikan, semakin PKB digembosi nampaknya semakin kuat dan besar," sambungnya.

Cak Imin menilai pencapaian tersebut sebagai bukti bahwa PKB telah memiliki bangunan yang kuat untuk terus maju dan bertarung di Pemilu 2029.

Terlebih, kata dia, saat ini PKB semakin kuat dengan adanya Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang juga menjabat sebagai ketua dewan syuro PKB

"Menunjukkan bawa pondasi PKB yang mandiri, kuat dan kokoh sudah terbentuk untuk menuju 2029 yang akan datang dan pondasi itu semakin kuat," tutur dia.

"Alhamdulillah bapak wapres kita, pendiri PKB kita, ketua dewan syuro periode pertama bersedia mendampingi kita menjadi ketua dewan syuro DPP PKB 2024-2029," imbuhnya.

Dalam Muktamar ke-6 PKB ini Cak Imin kembali terpilih sebagai ketua umum periode 2024-2029. Dengan keberhasilan ini Cak Imin menjabat sebagai ketua umum selama lima periode beruntun sejak 2005. Dia juga tercatat sebagai ketua umum PKB paling lama sejak partai itu berdiri 1998 silam.

Editor: Surya