Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lezatnya Gulai Siput Khas Kepri
Oleh : dd/ikc
Rabu | 17-10-2012 | 16:26 WIB

BATAM, batamtoday - Gulai siput Indonesia memang gudangnya makanan dan minuman enak nan unik, dari Aceh hingga Papua terdapat banyak sekali makanan atau minuman yang tidak bisa kita temukan di negara lain. 


Salah satu makanan enak nan unik itu adalah gulai siput yang merupakan makanan khas dari Kepulauan Riau. Terbilang unik karena bahan utama dari makanan ini adalah siput atau oleh sebagian orang di sebut keong sawah yang biasa menjadi hama padi.

Gulai siput ini tergolong makanan khas riau yang sangat “melayu” sekali, disana kita bisa merasakan berbagai macam bumbu rempah khas melayu seperti pada bacah daging yang juga merupakan masakan khas riau. Gulai Siput sendiri dalam bahasa Melayu dialek Kuantan Singingi disebut dengan gulai cipuik, sedang dalam bahasa Melayu Rokan disebut dengan Lengkitang.

Mungkin selama ini siput atau keong lebih kita kenal sebagai hama padi dan atau hanya untuk pakan ternak bebek saja, ternyata di tangan masyarakat riau siput bisa menjadi sebuah hidangan lezat. Di daerah tanjungpinang siput ini selain bisa di dapatkan dengan mencari sendiri disawah juga bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional, jadi tidak perlu khawatir kotor kalau anda ingin membuat masakan ini.

Sama seperti namanya, untuk membuat gulai siput ini adalah siput yang di masak menjadi gulai. Jadi ada sensasi yang berbeda saat kita menikmati masakan ini, jika biasanya kita hanya tahu gulai kambing.