Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Persiapan Sudah Matang, Rangkaian Acara Peringatan HUT RI ke-79 Provinsi Kepri Siap Dilaksanakan
Oleh : Redaksi
Selasa | 13-08-2024 | 18:24 WIB
1308_RAPAT-HUT-RI_0349349348348.jpg Honda-Batam
Rapat persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Provinsi Kepri di Rupatama Lantai 4 Kantor Gubernur Kepri, Dompak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tengah bersiap untuk menyelenggarakan rangkaian acara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Agustus 2024. Persiapan yang matang ini telah dipastikan dalam rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, Adi Prihantara, di Rupatama Lantai 4 Kantor Gubernur Kepri, Dompak, pada Senin (12/8/2024).

Dalam rapat tersebut, hadir perwakilan dari Korem 033/WP, Koarmada I, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta stakeholder terkait. Adi Prihantara, yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia, menyampaikan pesan penting mengenai pentingnya pelaksanaan acara ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan serta sebagai momen untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Kepri.

Adapun rangkaian Acara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Kepri dimulai pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 dengan acara penganugerahan Gelar Kehormatan Satyalancana Karya Satya di Aula Wan Seri Beni, Dompak pada pukul 13.30. Kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Paskibraka Provinsi Kepri pada pukul 19.30 di hari dan lokasi yang sama.

Pada tanggal 16 Agustus 2024, akan dilaksanakan upacara Peringatan HUT ke 63 Pramuka tingkat Provinsi Kepri di Halaman Gedung Daerah. Kemudian seperti tradisi sebelumnya akan dilaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci para pukul 23.30 di Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti di hari yang sama.

Puncak peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ditandai dengan Upacara Bendera tingkat Provinsi Kepri pada tanggal 17 Agustus 2024 di Gedung Daerah, dilanjutkan dengan bergabung mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui video conference.

Acara dilanjutkan dengan pemberian remisi di Lapas Klas IIA Tanjungpinang pada pukul 13.00. Lalu upacara penurunan bendera pada pukul 16.30 di halaman Gedung Daerah, dan Gubernur serta seluruh FKPD mengikuti upacara detik-detik penurunan bendera dari IKN melalui video conference. Acara diakhiri dengan malam ramah tamah yang digelar di Gedung Daerah dan diisi dengan acara "Kuliner Merdeka" di pelataran tugu sirih.

Sekdaprov Kepri, Adi Prihantara, dalam pesannya menyatakan harapannya agar rangkaian acara ini dapat berjalan lancar dan sukses.

"Momentum peringatan kemerdekaan ini adalah kesempatan bagi kita semua untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dan menumbuhkan semangat persatuan serta cinta tanah air. Saya berharap seluruh elemen masyarakat Kepri dapat turut serta dan merasakan semangat kemerdekaan ini," ujar Adi.

Ia juga menekankan pentingnya sinergi dan kerja sama dari seluruh pihak yang terlibat agar seluruh acara dapat berjalan sesuai rencana dan memberikan kesan mendalam bagi masyarakat.

"Mari kita sukseskan acara ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab, sebagai wujud kecintaan kita terhadap Indonesia," tutupnya.

Editor: Yudha