Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

DPR Serukan IKN sebagai Pionir Transisi Energi Terbarukan
Oleh : Irawan
Selasa | 13-08-2024 | 10:44 WIB
eddy_soeparno.jpg Honda-Batam
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta- Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno berharap Ibu Kota Nusantara (IKN), yang akan menjadi lokasi perayaan Hari Ulang Tahun Ke-79 RI, dapat menjadi contoh bagi kota-kota lain dalam penerapan energi bersih.

Ia menekankan pentingnya IKN sebagai model kota yang mengimplementasikan energi terbarukan dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

"Kami mendorong IKN bisa menjadi percontohan kota yang memanfaatkan energi terbarukan dan bisa dipelajari kota-kota lain, baik dari sisi perencanaan maupun implementasi," ujar Eddy dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (12/8/2024).

Eddy mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan adalah dengan menyediakan lingkungan hidup yang sehat melalui udara dan lingkungan yang bersih. Ia menambahkan bahwa percepatan transisi dari energi fosil ke energi terbarukan adalah langkah kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

"Hal ini bisa dilakukan dengan percepatan transisi energi dari energi fosil menuju energi terbarukan," tuturnya.

Eddy berharap pesan simbolik dari IKN sebagai kota ramah lingkungan pada peringatan HUT Ke-79 RI dapat menjadi contoh yang menginspirasi kota-kota lain di Indonesia. Ia berharap bahwa dengan komitmen IKN untuk menjadi kota netral karbon, penggunaan energi terbarukan dapat diperluas dan diikuti oleh daerah lain.

"Pembangunan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di IKN diikuti dengan teknologi berbasis smart grid harus berdampak bukan hanya di wilayah IKN, tetapi menjadi percontohan penggunaan energi terbarukan bagi daerah-daerah lainnya," katanya.

Eddy juga mendorong agar perencanaan kota dan penggunaan energi terbarukan di IKN bisa menjadi referensi bagi kota-kota lain di Indonesia.

"Semakin banyak kota-kota di Indonesia yang mengikuti pemanfaatan energi terbarukan, maka baurannya juga akan semakin besar," ucapnya.

Ia menegaskan bahwa peringatan HUT Ke-79 RI di IKN harus menjadi momentum untuk mempercepat transisi menuju energi bersih di Indonesia.

"Semoga dengan komitmen IKN menjadi carbon neutral city menjadi tren yang baik dan bisa diikuti daerah-daerah lain sehingga skala penggunaan energi terbarukan semakin luas untuk memberikan ruang hidup yang sehat bagi masyarakat," kata Eddy.

Sebagai informasi tambahan, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemenkominfo, Septriana Tangkary, menyatakan bahwa IKN akan dikembangkan sebagai smart forest city, menawarkan kualitas hidup yang baik dengan udara dan air bersih, tata kota yang teratur, dan aksesibilitas yang baik.

Upacara perayaan HUT RI ke-79 akan diadakan untuk pertama kalinya di IKN, di area Istana Negara yang menghadap ke lapangan di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Presiden Joko Widodo serta tamu undangan dari berbagai kalangan dijadwalkan menghadiri upacara tersebut.

Editor: Surya