Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertama di Indonesia, Kota Malang Mulai Terapkan ETLE Mobile Handheald
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-07-2024 | 12:04 WIB
Peluncuran-EMH.jpg Honda-Batam
Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Komarudin, saat peluncuran EMH di Polresta Malang Kota, Rabu (24/7/2024). (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Malang Kota Menerapkan ETLE Mobile Handheald (EMH). Teknologi ini menjadi yang pertama di Indonesia.

EMH diluncurkan langsung oleh Dirlantas Polda Jawa Timur, Kombes Komarudin di Polresta Malang Kota. Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Kapolresta Malang Kota Kombes Bhudi Hermanto dan Kasat Lantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno juga hadir dalam peluncuran itu.

Kombes Komarudin menerangkan dengan EMH petugas akan bekerja secara mobile. Selain itu, petugas juga akan menindak pelanggar lalu lintas secara langsung. "Nanti petugas yang akan mobile patroli, sehingga langsung melakukan tindakan ke pengguna jalan yang melanggar dengan konsep hampir sama dengan ETLE. Tapi ini langsung on the spot," ujar Kombes Komarudin kepada wartawan usai peluncuran EMH, Rabu (24/7/2024), demikian dikutip laman Humas Polri.

Komarudin menjelaskan apabila petugas menemukan adanya pelanggar lalu lintas. Surat pelanggaran akan dicetak di tempat dan secara langsung diberikan kepada pelanggar.

Penindakan ini akan mempersingkat waktu dibandingkan proses ETLE, selain lebih tepat sasaran. "Dengan EMH langsung ke pengguna kendaraan yang saat itu tertangkap atau di dapati petugas (melanggar). Sehingga kita bisa memangkas waktu dan juga konfirmasi surat (pelanggaran) yang tak tepat sasaran," jelasnya.

"Untuk EMH nanti menggunakan perangkat yang dibawa petugas disana juga ada print out ditempat. Kalau ETLE tercapture pelanggaran masuk ke operator baru berkirim surat. Ini yang kita evaluasi kadang surat tak tepat sasaran atau kendaraan sudah pindah tangan," sambungnya.

Komarudin menambahkan bahwa EMH yang diluncurkan oleh Polresta Malang Kota merupakan yang pertama kali di Indonesia. Pihaknya pun berharap, hadirnya EMH akan mampu merekam angka kecelakaan dan meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan.

"Kami apresiasi Polresta Malang Kota. Program ini pilot project pertama di Indonesia yang kita harapkan akselerasi percepatan di lapangan. Tentu harapannya agar kita bisa menekan angka kecelakaan meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan dan budaya tertib lalu lintas," pungkas Komarudin.

Editor: Gokli