Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bawaslu Karimun Gelar Rakernis Peningkatan Kapasitas SDM Panwaslu Tingkat Kecamatan
Oleh : Freddy
Senin | 22-07-2024 | 18:44 WIB
Rakernis-Panwaslu-Kecamatan.jpg Honda-Batam
Rakernis Peningkatan Kapasitas SDM Panwaslu Tingkat Kecamatan di Kabupaten Karimun. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) peningkatan kapasitas SDM, strategi penanganan pelanggaran dan pengawasan tahapan pemilu tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Karimun di Hotel Aston Karimun, Senin (22/7/2024).

Rakernis tersebut dibuka Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Muhammad Iskandar serta dihadiri anggota Bawaslu Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko dan Nurul, serta Ketua dan utusan Panwaslu Kecamatan.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Karimun menyampaikan Rakernis ini sangat penting bagi Panwaslu Kecamatan untuk dapat memahami regulasi, tugas -tugas sebagai pengawas untuk mengawasi tahapan -tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada, sehingga kita harus siap dan tahu apa yang diawasi

"Kepada kawan-kawan pengawas, khususnya untuk hari ini pastikan pengawasan yang dilakukan itu pertama solid bersama dan tetap melakukan pengawasan sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang ada," katanya.

Ketua Bawaslu Karimun menambahkan bahwa pada prinsipnya Panwaslu di Kecamatan tidak melewatkan setiap tahapan dan tetap tegak lurus pada aturan.

"Selain itu yang paling penting jangan sebagai panwas merasa sebagai orang yang paling kuat dan paling hebat. Paling penting agar demokrasi itu berjalan sukses," ungkapnya.

Muhammad Iskandar berharap agar Panwaslu Kecamatan dalam melakukan tugas untuk tetap dilakukan koordinasi. "Mengingat waktu yang hanya tinggal 37 hari lagi untuk dapat melakukan mitigasi dan tentunya sudah disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum untuk dapat diakomodir sehingga dapat dipastikan semuanya bisa berjalan dengan baik," terangnya.

Sementara Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Kabupaten Karimun, Azim dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melakukan penguatan peningkatan kapasitas SDM, strategi penanganan pelanggaran dan pengawasan tahapan pemilu tahun 2024 bagi Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Karimun.

"Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari dengan jumlah peserta sebanyak 84 orang yang terdiri dari utusan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Karimun dan staf di sekretariat Bawaslu Kabupaten Karimun," tutupnya.

Editor: Yudha