Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Juara Karate Piala Ketua Forki Batam Dipersiapkan Ikut Kapolri Cup 2024
Oleh : Redaksi
Senin | 22-07-2024 | 08:44 WIB
FORKI-BATAM-BTD.jpg Honda-Batam
Ketua Forki Provinsi Kepri Albert Gultom (ketiga dari kirim), Ketua KONI Batam Benri Sitorus (kedua dari kiri) dan Ketua Panitia Frans Gibson Hutauruk (kiri) berfoto dengan para juara Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam. (Foto: Adil/J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Kota Batam berhasil menggelar Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam selama tiga hari, Jumat-Minggu, 19-21 Juli 2024 di Mall Botania 2 Batam Center. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh Ketua Umum Forki Kepri Albert Gultom dan Ketua KONI Kota Batam Rani Rafitriyani.

Ketua Panitia Frans Gibson Hutauruk mengungkapkan, pelaksanaan Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam ini telah dipersiapkan dengan matang. Meskipun diakui Frans, dukungan dari Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) dan KONI Batam.

"Persiapan kita matang, kami bersepakat kita melaksanakan kegiatan ini, meskipun dukungan dari pemerintah masih belum maksimal. Kita berharap Pemko Kota Batam dalam hal ini Dispora dan KONI Batam untuk mensupport kita," ujar Frans Gibson Hutauruk seusai penutupan Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam.

Menyinggung soal dukungan KONI Batam, Frans mengatakan, dukungan Ketua KONI Batam sangat baik. Tetapi masih banyak yang kami harapkan lebih. Supaya ke depan, atlet-atlet generasi Forki Batam bisa lebih bergairah, lebih sehat dan lebih berprestasi.

"Ini fakta yang saya sampaikan ini. Jadi, kami karateka Kota Batam masih memiliki jiwa bushido. Artinya, apa pun kondisinya, akan kami laksanakan kegiatan ini," tegasnya.

Ditambahkan Frans, meski telah berhasil menggelar event yang diikuti ratusan atlet karate Kota Batam itu, Frans melihat perjuangan ke depan sangat berat. Apalagi tahun ini Forki Batam tidak lolos ke PON 2024 di Banda Aceh, Aceh dan Medan, Sumatera Utara.

"Tetapi kami yakin dengan sekarang ini Forki Provinsi Kepri dipimpin oleh pak Albert Gulton yang terus memberikan support, maka Forki Kota Batam akan kembali bergairah untuk meraih prestasi, tidak hanya di Batam tetapi di kota kota lain," tegas Frans yang juga pelatih karate itu.

Menjawab kebutuhan Forki Batam saat ini, Frans memaparkan, kebutuhan mendesak saat ini adalah supporting pada pembinaan atlet, pelatih dan alat-alat bantu latihan.

"Tujuh bulan terakhir ini Forki Batam sudah melakukan TC (Training Center) untuk persiapan Piala Kapolri. Jadi, event ini adalah persiapan jelang Piala Kapolri. Seluruh beban ini, sejak persiapan tujuh bulan lalu hingga kegiatan pada
hari ini, semuanya ditanggung oleh ketua umum kami, bapak Bendri Sitorus," paparnya.

Sementara itu, Ketua KONI Batam Benri Sitorus menambahkan, mengenai persiapan atlet karate Forki Kota Batam mengikuti Kejuaraan Karate Kapolri Cup 2024 yang diselenggarakan di GOR Laga Tangkas Pakansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 26 - 28 Juli 2024 mendatang, dilakukan secara natural.

"Kita lakukan mengalir begitu saja. Bahkan sejak mulai TC kita tidak pernah sampaikan kepada adek-adek, ini persiapan Kapolri Cup, tidak. Yang penting, mereka terus berlatih dan bertanding sampai pada kejuaran hari ini. Jadi, mereka pun belum tahu, siapa yang akan berangkat ke Kapolri Cup," ungkap Bendri Sitorus.

Jadi, lanjut Bendri, tidak mesti yang juara pada hari ini akan kita berangkatkan. Atlet juara tapi kalau tidak punya mental yang kuat ya kita ganti. Kita akan prioritaskan buat para atlet yang betul-betul layak dari segi teknis dan mampu bersaing dengan atlet dari daerah lain. Jadi, tidak hanya sekadar jalan-jalan saja ke sana.

Forki Batam akan mengirim 6 orang atlet dan 1 orang pelatih untuk mengikuti Kejuaraan Kapolri Cup 2024. Keberangkatan mereka ini berkat dukungan berbagai pihak, terutama Ketua Forki Provinsi Kepri Albert Gulton.

"Forki Batam melakukan sendiri seleksi dan memberangkatkan para atlet ke Kejuaraan Karate Kapolri Cup. Karena memang pengurus Forki Provinsi Kepri sendiri saat ini baru terbentuk dan masih menunggu SK dari pusat. Dan Forki Batam baru kali ini mengikuti kejuaraan nasional. Soal target, saya sebagai mantan atlet saya tidak mau membebani atlet dengan target. Intinya, kalau mereka mampu bertanding dan bersaing, maka endingnya adalah juara. Itu saja," papar Bendri mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Forki Provinsi Kepri Albert Gultom memberikan motivasi kepada para atelt yang belum berprestasi pada Kejuaraan Karate Piala Ketua Forki Batam ini.

"Untuk adek-adek semua yang pada hari ini belum berhasil mendapatkan medali juara, lebih giat lagi berlatih ya. Karena hari-hari ke depan, masih banyak event yang bisa kalian ikuti. Berlatihlah lebih keras lagi, agar ke depan bisa berhasil dengan prestasi yang lebih baik lagi," ujar Albert Gultom.

Albert juga memberi harapan kepada para atlet, semoga ke depan di bawah kepengurusan baru Forki Provinsi Kepri dapat lebih baik lagi ke depan.

"Memang harus kita akui, kita kecewa karena tidak ada altet kita yang bisa ikut PON 2024 ini. Jadi, ke depan kita harus perbaiki. Sehingga, atlet-atlet Forki kita bisa bertanding ke luar daerah. Jangan hanya atlet kita cuma bertanding di Batam. Nanti disebutnya altet kita jago kandang. Untuk piala Kapolri Cup, kita akan berangkatkan beberapa atlet dari sini. Mudah-mudahan bisa berprestasi di sana," tegas Albert Gulton mengakhiri.

Editor: Dardani