Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Srikandi Turut Sukseskan Sosialisasi Penyesuaian Tarif PLN Batam
Oleh : Redaksi
Jumat | 19-07-2024 | 20:04 WIB
Srikandi-PLN-Batam1.jpg Honda-Batam
Sosialisasi Penyesuaian Tarif PLN Batam Kompleks Bengkong Kolam, Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komunitas pegawai perempuan PT PLN Batam atau disebut Srikandi PLN Batam aktif menggelar sosialisasi penyesuaian tarif / tariff adjustment (TA) sekaligus peresmian pasang baru Listrik gratis di Fasilitas Umum (Fasum) RW 022, Kompleks Bengkong Kolam, Batam. Melalui peresmian dan sosialisasi ini Srikandi PT PLN Batam terus menunjukkan karakter anggun, cerdas dan tangguh dalam memberikan pelayanan terbaik bagi Masyarakat.

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Nagoya, sekaligus Ketua Srikandi PLN Batam, Euis Hermawati dalam sambutannya mengatakan bahwa Fasum ini akan memberikan manfaat yang diperlukan bagi masyarakat seperti fasilitas bermain bagi anak-anak, Posyandu, kegiatan sosial, olahraga, edukasi, dan kepentingan umum lainnya

"PLN Batam Bersama Srikandi memberikan kebahagiaan melalui pasang baru listrik Fasum bagi masyarakat secara gratis. Dengan begitu Fasum RW 022, Komplek Bengkong Kolam dapat berfungsi sesuai dengan tujuannya. Memberi manfaat bagi masyarakat," beber Euis.

Pada kesempatan tersebut Euis juga menerangkan bahwa saat ini PLN Batam sedang melaksanakan keputusan Kementrian ESDM melalui Direktroat Jendral Ketenagalistrikan terkait tarif adjustment.

"PLN Batam berkomitmen menjalankan kebijakan pemerintah dalam melindungi daya beli masyarakat khususnya yang kurang mampu dalam penyesuaian tarif listrik pada Triwulan III tahun 2024. TA ini tidak berlaku bagi pelanggan PLN Batam dengan daya 450 volt ampere (VA) dan 900 VA," ujar Euis.

"Sejalan dengan ini PLN Batam juga berkomitmen untuk meningkatkan upaya dalam menjaga keandalan listrik. Khususnya padam yang kadang terjadi di rumah bapak/ibu. Pemadaman ada dua jenis yaitu terencana dan tidak terencana, yang mana terencana akan diberitahukan kepada masyarakat atau di website resmi PLN Batam. Padam terencana ini berkaitan dengan pemeliharaan yang dilakukan oleh PLN Batam," ungkapnya.

"Sedangkan yang tidak terencana itu terjadi diluar perkiraan seperti trafo terbakar akibat beban yang sudah maksimal, jaringan tertimpa pohon dan sebagainya, sehingga itu diluar kendali kami," jelasnya lagi.

Ia juga menekankan apabila pemadaman listrik terjadi hingga beberapa rumah, tak usah ragu untuk menghubungi pihak PLN agar mengetahui permasalahan yang terjadi.

"Jika ingin bertanya terkait penyesuaian tarif atau keperluan dan masalah kelistrikan lainnya, dapat datang ke kantor pelayanan PLN Batam pada beberapa area tersebar, Batam Center, Nagoya, Tiban, dan Batu Aji. Ingat selalu untuk menghindari hal lain seperti calo dan sejenisnya," tutup Euis.

Ketua RT 001 Bengkong Kolam, Saikun yang turut hadir pada kegiatan tersebut memberikan apresiasi dan terimakasih atas bantuan pasang baru gratis listrik pada Fasum RW 022, Bengkong Kolam.

"Terimakasih atas bantuan pasang baru listrik gratis dari PLN Batam. Terimakasih juga untuk kesigapan dari PLN Batam dalam menanggapi permasalahan yang ada, seperti yang terjadi beberapa hari lalu ada pemadaman listrik. Ketika dihubungi tim PLN Batam langsung datang ke lokasi untuk memperbaiki dan menormalkan pasokan listrik," ujar Saikun yang sekaligus mewakili Ketua RW 022 Bengkong Kolam yang berhalangan hadir.

Terkait penyesuaian tarif listrik, Saikun berpesan supaya PLN Batam terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik.

"Kami harap tidak ada lagi kejadian padam bergilir seperti tahun-tahun sebelumnya. Kalaupun terjadi padam, seperti contoh yang saya sampaikan, PLN Batam harus bergerak cepat menormalkan pasokan listrik. Dengan begitu masyarakat tidak resah. Saya rasa jika masyarakat mendapat pelayanan maksimal, penyesuaian tarif 6% untuk rumah tangga tidak akan membebani," tutup Saikun.

Editor: Yudha