Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Meriahkan HBA ke-64 dan HUT IAD XXIV, Kejari Batam Gelar Bakti Sosial dan Perlombaan
Oleh : Aldy
Jumat | 19-07-2024 | 10:44 WIB
HBA-64.jpg Honda-Batam
Puluhan anak mengikuti sunatan massa gratis di Kantor Kejari Batam, Jumat (19/7/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, menggelar bakti sosial dan sejumlah perlombaan, dalam rangka merayakan Hari Bakhti Adhiyaksa (HBA) ke-64 dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAS) XXIV Tahun 2024.

Adapun beragam kegiatan yang dilaksanakan, di anataranya donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, anjangsana, sunatan massal dan sejumlah perlombaan lainya.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Batam, Tiyan Andesta, menyampaikan berbagai kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi dan sekaligus sosialisasi berbagai program di Kejari Batam.

"Tahun ini kita kembali menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian HBA dan HUT IAD, dan tahun ini kita mengambil tema Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas," ungkap Tiyan Andesta, Kamis (18/7/2024).

Dijelaskannya, pada Kamis telah digelar serangkaian kegiatan secara maraton, masing-masing kegiatan donor darah pada pukul 09.00 - 13.00 WIB, kemudian pada pukul 14.00 - 15.30 WIB digelar kegiatan bakti sosial dan pemeriksaan kesehatan, pelaksanaan anjangsana serta berbagai perlombaan.

Dikatakan Tiyan, untuk donor darah, Kejari Batam menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan tersebut diikuti langsung oleh para pegawai Kejaksaan Negeri Batam, pengurus dan anggota Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, instansi mitra kerja dan awak media. "Alhamdulillah kita berhasil mengumpulkan 40 kantong darah. Dan menjadi spesial karena Kajari Batam dan Ibu Ketua IAD Batam juga ikut mendonorkan darahnya," jelasnya.

Sementara pada kegiatan bakti sosial, Kejari Batam bersama Ibu Ketua IAD Daerah Batam memimpin langsung pemeriksaan kesehatan dan mata gratis di Panti Jompo Yayasan True Love yang berlokasi di Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Di mana Kajari dan Ketua IAD Kota Batam menyerahkan 35 paket sembako dan kacamata gratis.

"Kita juga menyerahkan tali asih berupa santunan kepada penghuni panti jompo," terangnya.

Selanjutnya, pada kegiatan anjangsana, Kajari Batam bersama Ketua IAD mempimpin langsung kunjungan ke rumah 3 orang purna Adhyaksa. Pada kesempatan tersebut, selain tetap menyambung tali silaturahmi juga diserahkan cinderamata dan tali asih santunan kepada para purna Adhyaksa yang berdomisili di Kota Batam.

Terakhir, pada kesempatan terjadwal juga digelar berbagai pertandingan dan perlombaan. Dan semua ini dimaksudkan untuk menyemarakkan Hari Bhakti Adhyaksa. "Tidak hanya terbatas pada internal, tetapi kita mengajak para pihak juga bisa ikut berbagai perlombaan. Termasuk mitra kerja media dan lainnya," sebutnya.

Pada hari Jumat (19/7/2024), digelar sunatan massal, hingga pagi hari tercatat lebih dari 70 anak terdaftar dari yang awal ditargetkan sebanyak 100 orang. "Di hari yang sama, digelar juga perlombaan domino, mayoritas peserta adalah para awak media dan tim Kejaksaan. Dan masih ada kegiatan sosial lain hingga sore harinya," pungkas Tyan Andesta.

Editor: Gokli