Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rutan Batam Gelar Voluntary Counseling and Testing Kepada Warga Binaan
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 17-07-2024 | 16:44 WIB
Rutan-Batam12.jpg Honda-Batam
Kegiatan Voluntary Counseling and Testing di Rutan Batam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Batam kembali menggelar Voluntary Counseling and Testing (VCT) bagi warga binaan pemasyarakatan, Rabu (17/7/2024) yang dilaksanakan di Klinik Pratama Rutan Batam.

VCT atau konseling dan tes HIV sukarela adalah layanan yang bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, dan pengobatan bagi orang dengan HIV/AIDS.

Pemeriksaan ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeteksi sedini mungkin risiko terkena HIV/AIDS dan meningkatkan langkah pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS bagi WBP di dalam Rutan.

Bekerjasama dengan Puskesmas Sei Langkai, pemeriksaan VCT kali ini diikuti oleh 150 orang WBP. Sebelum menjalani tes, warga binaan terlebih dahulu menjalani konseling yang bertujuan untuk mempersiapkan terhadap tes HIV dan membantu mengantisipasi hasil yang mungkin diperoleh.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam, Faizal G Putra menyampaikan kepada Warga Binaan yang ikut dalam kegiatan ini agar dapat menerapkan informasi yang diperoleh untuk menerapkan deteksi dini penularan HIV/AIDS.

Karutan juga berpesan kepada warga binaan agar bersikap jujur selama menjalani pemeriksaan.

"Kejujuran dalam menjalani pemeriksaan sangat penting agar hasil yang diperoleh dapat ditindaklanjuti oleh tenaga medis dengan tepat dan hasil pemeriksaan akan dirahasiakan untuk menjaga privasi setiap individu," ujar Putra.

Kegiatan VCT ini merupakan bagian dari upaya Rutan Batam dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga binaan, serta mendukung program pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di lingkungan pemasyarakatan.

Editor: Yudha