Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Perwira Tinggi Polri Ikut Seleksi Capim KPK
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-07-2024 | 15:44 WIB
Karopenmas-Polri5.jpg Honda-Batam
Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko. (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Polri mengirimkan empat anggota kepolisian untuk mengikuti proses seleksi calon pimpinan (Capim) dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029.

"Polri memberikan beberapa nama, yang mana dalam hal ini yang tentunya melalui seleksi dan memenuhi syarat," kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Trunoyudo menyebut anggota Polri yang telah mendaftar antara lain Komjen Setyo Budianto. Setyo lulusan Akpol tahun 1989 kini menjabat sebagai Irjen di Kementerian Pertanian. Selanjutnya Komjen Ridwan Zulkarnain Panca Putra yang merupakan lulusan Akpol tahun 1990.

Panca saat ini sebagai Sekretaris Utama di Lembaga Ketahanan Nasional. Panca pernah bertugas di KPK. Jenderal bintang tiga itu menjabat Direktur Penyidikan KPK 2018-2020. Panca juga sempat menjabat Kapolda Sumatera Utara.

Kemudian Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Djoko Poerwanto dan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi Irjen Didik Agung Wijanarko.

Trunoyudo menambahkan keempat anggota Polri yang mengikuti seleksi capim KPK itu sebelumnya juga telah menjalani proses seleksi dan penilaian dari pimpinan. "Keempat personel tersebut adalah merupakan personil yang terbaik dimana dengan adanya panitia seleksi Capim KPK tentu Polri menjawab sebagai suatu usulan," ujarnya, demikian dikutip laman Humas Polri.

Diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK untuk periode 2024-2029 mencatat total 525 pendaftar sejak pendaftaran mulai 26 Juni hingga 15 Juli 2024 pukul 23.59 WIB.

Dari jumlah tersebut, kata Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Arif Satria, sebanyak 318 orang terdiri atas 298 laki-laki dan 20 perempuan mendaftar sebagai capim KPK, sementara pendaftar calon dewas tercatat 207 orang terdiri atas 184 laki-laki dan 23 perempuan.

Pansel kemudian akan memverifikasi dokumen-dokumen yang telah diunggah oleh pendaftar, kemudian diumumkan hasilnya pada tanggal 24 Juli 2024 melalui aplikasi apel serta laman KPK.go.id serta setneg.go.id.

Setelah pendaftaran dan tahapan seleksi lainnya, akan dipilih 10 nama capim dan 10 nama calon Dewas KPK yang akan disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo, kemudian diteruskan ke DPR RI.

Editor: Gokli