Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gelar Rakorwas Bareng Kompolnas, Jenderal Listyo Sigit Ingin Polri Jadi Organisasi Modern
Oleh : Redaksi
Rabu | 17-07-2024 | 14:24 WIB
Polri-Modern.jpg Honda-Batam
Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat menghadiri Rakorwas Kompolnas dan Polri tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024). (Humas Polri)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri rapat koordinasi pengawasan (Rakorwas) Kompolnas dan Polri tahun 2024 yang dilaksanakan di Hotel Discovery Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024).

Tema Rakorwas Kompolnas dan Polri tahun 2024 yakni 'Akselerasi Transformasi Digital dalam Pengawasan untuk Mewujudkan Polri yang Profesional dan Mandiri'.

Kapolri menuturkan, Rakorwas Kompolnas dan Polri adalah komitmen pihaknya dalam transformasi digital yang di era saat ini menjadi kebutuhan. "Tentunya kami tidak ingin menjadi organisasi yang stagnan sehingga kami membuka ruang dan kami tidak anti kritik mewujudkan Polri yang modern sesuai dengan harapan masyarakat," kata Jenderal Listyo Sigit, demikian dikutip laman Humas Polri.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menyampaikan, pihaknya siap bekerja sama dengan kompolnas selaku pengawas eksternal, dan seluruh stakeholders yang memiliki kewenangan mengawasi dan memberikan masukan ke Polri.

"Tentunya kami membuka ruang seluas-luasnya termasuk masyarakat," ucapnya.

Saat ini, kata Sigit, terdapat fenomena baru yakni citizen journalism, yang mengharuskan Polri untuk dapat beradaptasi dengan cepat.

Sementara itu, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, mengatakan Rakorwas Kompolnas dan Polri adalah untuk melaksanakan agenda transformasi digital dan akselerasi untuk proses pengawasan yang efektif dan efisien.

"Saat ini sudah waktunya kita melaksanakan kegiatan ini dengan platform digital agar mendapatkan kemudahan bagi masyarakat dan Kompolnas agar bisa bersinergi dengan Polri," ucapnya.

Hadi juga menyebutkan bahwa berdasarkan laporan dari Kapolri, program-program digitalisasi terkait pengaduan masyarakat yang berkoordinasi dengan Kompolnas sudah direncanakan dengan baik.

Ia pun yakin dengan adanya rakorwas ini apa yang sudah dilakukan sebelumnya dan ke depan akan lebih baik lagi. "Program digitalisasi akan lebih baik untuk kepentingan Kompolnas dan Polri dalam melayani masyarakat," katanya.

Editor: Gokli