Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tolak Isu Sara dan Politik Identitas

Li Claudia dan AHLI Batam Berharap Pilkada Batam 2024 Berjalan Jurdil dan Aman
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 16-07-2024 | 16:04 WIB
AR-BTD-3809-Li-Claudia.jpg Honda-Batam
Calon Wakil Walikota Batam Li Claudia Chandra dan AHLI gelar konfrensi pers tolak isu SARA dan politik identitas. (Aldy Daeng/Batamtoday)

BATAMTODY.COM, Batam - Calon Wakil Walikota Batam Li Claudia Chandra dan Aliansi Praktisi Hukum & Masyarakat Peduli (AHLI) Kota Batam berharap Pilkada Batam November 2024 mendatang berjalan jujur, adil (Jurdil) dan aman.

Hal tersebut disampaikan Li Claudia beserta tim hukum yang menamakan dirinya AHLI Batam, saat deklarasi damai dan menyampaikan dukungan sekaligus silaturahmi bersama jurnalis di Hotel Aston pelita, Batam, Selasa (16/7/2024).

Juru bicara AHLI Batam M. Maulana Bungaran, menyampaikan beberapa poin di antaranya, potensi penyalahgunaan kewenangan dan ketidaknetralan ASN. SesuaiUU Pilkada nomor 10 Tahun 2016, ASN diwajibkan menjaga kenetralitasnya.

Kemudian, terdapat potensi adanya penggunaan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, sebagaimana ketentuan Pasal 71 ayat 3 Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang.

"Lalu yang ketiga adalah menghimbau kepada semua pihak untuk menjauhi politik identitas. Mengingat kota batam adalah kota plural, bermartabat dan bahkan kota yang internasional sehingga kita harus menjauhi politik suku agama dan Ras (Sara)," tegas Maulana Bungaran.

Senada Juru bicara AHLI Batam lainnya, Musrin menyebutkan, hakikatnya pemilihan kepala daerah haruslah berlandaskan kepada azas kejujuran dan keadilan. Semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan pilkada dapat mematuhinya dan tidak memaksakan kemenangan dengan cara-cara yang tidak benar.

"Kami menyayangkan adanya pihak yang mainkan isu SARA terhadap pencalonan Li Claudia bersama Amsakar Achmad," ujar Musrin.

Selain itu, pihaknya juga meminta partisipasi masyarakat agar bisa ikut membantu mengawal proses pilkada 2024 khususnya di Kota Batam, mengingat peran masyarakat juga sangat penting dari segi pengawasan. Sehingga proses pilkada 2024 khususnya di Kota Batam ini bisa berlangsung dengan tenang dan damai.

"Mari kita buktikan bahwa bangsa kita sudah maju dalam berdemokrasi. Perbedaan pilihan politik dan pergantian kepemimpinan adalah hal yang biasa di negara demokrasi sehingga tidak perlu disikapi secara berlebihan," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Bakal Calon Wakil Walikota Batam Li Claudia Chandra menyampaikan, sejumlah visi dan misi bersama Amsakar Achmad masih selalu dikomunikasikan. Salah satu hal terpenting dalam visi dan misi itu nantinya terkait kesehatan dan pendidikan, kedua permasalahan itu akan menjadi prioritas bila diberikan kepercayaan untuk memimpin kota Batam nantinya.

"Selain itu, kami juga meminta kepada semua perusahaan yang ada di Batam, agar memberikan prioritas kepada warga lokal (warga tempatan) untuk bekerja," kata Li Claudia.

Pada kesempatan itu, Li juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak terpancing terkait isu-isu yang negatif yang sedang berkembang terkait dirinya. Terlebih Batam selama ini telah hidup berdampingan dan damai sebagai masyarakat yang majemuk.

Batam tak hanya sebagai kota cerminan Nusantara, akan tetapi lebih dari itu. Ia menilai bahwa Batam akan menjadi kota yang bertaraf internasional. Sehingga sudah saatnya Batam lebih mengedepankan pola yang lebih maju.

"Pada prinsipnya kami menginginkan pilkada berjalan dengan damai. Tak lagi bicara identitas, tapi bagaimana sama-sama berbuat agar Batam menjadi lebih baik. Jangan sampai hanya ulah segelintir orang yang tidak bertanggung jawab, bisa menodai pesta demokrasi yang sebentar lagi akan berlangsung," imbuhnya.

Sementara, Ketua DPC partai Gerindra Kota Batam, Nyanyang Haris Pratamura menyampaikan, dengan semakin banyaknya dukungan dari partai politik kepada pasangan Amsakar Achmad - Li Claudia Chandra, dan antusias masyarakat, hal itu membuktikan bahwa masyarakat Batam ingin memiliki sosok pemimpin yang baru yang bisa membawa Batam ke arah yang lebih baik.

"Dengan semakin masifnya dukungan kepada pasangan Amsakar - Li Claudia, kami percaya pasangan ini akan membawa Batam ke arah yang lebih baik," pungkas Nyanyang.

Editor: Yudha