Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Calon Wali Kota Batam Mencuat, DPD Hanura Kepri Beri Rekomendasi Keduanya
Oleh : Adly
Senin | 15-07-2024 | 15:44 WIB
Beri-dua-rekom.jpg Honda-Batam
Ketua DPD Hanura Kepri, Bakti Lubis, saat menggelar konferensi pers di Batam Center, Senin (15/7/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Partai politik (Parpol) yang mempunyai kursi di DPRD Batam telah memberikan rekomendasi kepada bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan bertarung pada Pilkada akhir November mendatang.

Tak terkecuali Partai Hanura. Namun, partai yang hanya memiliki dua kursi di DPRD Batam itu, justru memberikan dua rekomendasi kepada dua bakal calon Wali Kota, yang namanya tengah mencuat di tengah masyarakat.

"Untuk saat ini, surat rekomendasi kita berikan ke kedua nama yang tengah mencuat di bursa calon Wali Kota Batam saat ini," ungkap Ketua DPD Hanura Kepri, Bakti Lubis, saat ditemui di Sekretariat DPD Hanura Kepri, Batam Center, Kota Batam, Senin (15/7/2024).

Meski tidak menyebutkan secara gamblang, terkait kepada siapa rekomendasi partai diberikan, namun menurut Bakti, hanya dua nama yang sedang viral untuk calon Wali Kota saat ini. "Dinda-dinda lebih tau lah siapa namanya," ujar Bakti Lubis.

Bakti menjelaskan, untuk calon Wali Kota, ada dua nama yang mendaftar, dan untuk Calon Wakil Wali Kota ada 4 nama yang mendaftar. "SK secara resmi belum keluar dari DPP. Kita di daerah tidak mendahului keputusan DPP. Kita tunggu saja dalam waktu dekat ini, ke mana SK itu diberikan," ungkap Bakti.

"Untuk Kota Batam, kami kan hanya dua kursi. Tak terlalu menentukan lah, kita tunggu saja keputusan resmi DPP Hanura," pungkasnya.

Sebelumnya, pasangan bakal calon Wali Kota Batam, Amsakar Achmad - Li Claudia Chandra juga  kembali mendapatkan tambahan amunisi politik dengan adanya dukungan dari Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. Meski saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Amsakar belum merespon foto yang beredar di berbagai akun media sosial pada Kamis (11/7/2024) tersebut.

Namun, Ketua DPC Gerindra Batam, Nyanyang Haris Pratamura, yang menjadi penggerak dan pengusung pasangan Amsakar Ahmad dan Li Claudia Chandra mengungkapkan rasa syukurnya atas besarnya dukungan dan kepercayaan partai terhadap pasangan Amsakar Ahmad - Li Claudia Chandra.

"Alhamdulillah, kami senang partai-partai bergabung bersama kami untuk mendukung pasangan Amsakar Ahmad - Li Claudia Chandra. Tentunya ini menjadi semangat dan optimisme kami dalam meraih kemenangan," ucap Nyanyang.

Dikatakan Nyanyang, sejauh ini pihaknya terus melakukan berbagai kordinasi dengan lintas partai dan direncanakan akan menggelar deklarasi bersama yang waktunya masih dipersiapkan. "Tentunya kami terus berkordinasi mempersiapkan berbagai hal untuk memenangkan pasangan Amsakar Ahmad - Li Claudia Chandra," katanya.

Beberapa hari sebelumnya Amsakar juga mendapat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem). Tidak hanya itu, dalam rekomendasi itu, Li Claudia juga mendapat rekomendasi dari DPP NasDem. Surat tersebut bernomor 253-SI/RP/BPP-Nasdem/VII/2024.

"Alhamdulilah (dapat Rekom dari DPP NasDem)," ujar Amsakar saat dikonfirmasi, Selasa (9/7/2024).

Sebelumnya Amsakar juga mendapat rekomendasi dari DPP PKB sebagai bakal calon Wali Kota Batam, dengan Li Claudia Chandra sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Batam. Peralihan ini menciptakan dinamika baru dalam peta dukungan politik di Batam.

Sebelum keputusan dari DPP PKB, DPP Partai Gerindra telah terlebih dahulu menerbitkan surat rekomendasi untuk pasangan Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra. Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat bernomor: 07-0969/Rekom/DPP-Gerindra/2024.

Selain itu, pada Jumat (5/7/2024), DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga menerbitkan rekomendasi serupa, sebagaimana tertuang dalam surat bernomor: 2805/IN/DPP/VII/2024.

Dukungan untuk pasangan Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra semakin kuat dengan tambahan rekomendasi dari DPD Partai Golkar Kepulauan Riau. Hal ini menunjukkan adanya koalisi yang solid dari beberapa partai besar di Indonesia dalam mendukung pasangan tersebut.

Sementara untuk bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, Marlin Agustina Rudi - Jefridin Hamid baru PDI Perjuangan yang memberikan signal dukungan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Batam, Nuryanto, menanggapi isu terkait dukungan terhadap pasangan Marlin - Jefridin. Bahkan, Nuryanto menilai bahwa sejarah PDI-P sebagai partai pejuang, dan bukan partai pengikut.

Selain itu, Nuryanto juga tidak menampik adanya pertemuan yang telah berlangsung antara Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dengan para pengurus DPP PDI-P yang berlangsung beberapa hari lalu. "Mungkin saja, karena kami partai pejuang dan pengusung, bukan pengikut. Selain itu, Pak Rudi sudah ke DPP. Selain membicarakan dukungan untuk Gubernur, sekaligus membicarakan dukungan untuk Kota. Namun hasil resminya belum sampai ke kami," sebut Nuryanto, saat ditemui di DPRD Batam, Jumat (12/7/2024) sore.

Untuk persiapan Pilkada di November nanti, Cak Nur sapaan akrabnya, mengatakan, pihaknya telah menyerahkan tujuh nama tokoh baik dari internal maupun eksternal. Untuk internal, Nuryanto menyebut telah menyerahkan nama Udin P Sihaloho, Budi Mardianto, Putra Respaty, dan Jefridin Hamid sebagai calon Wakil Wali Kota Batam.

Sementara untuk bakal calon Wali Kota, DPC PDI-P Batam hanya menyerahkan tiga nama di antaranya Marlin Agustina Rudi, Amsakar Achmad, dan Li Claudia Chandra. "Namun semua keputusannya ada di DPP. Ketujuh nama ini sudah diserahkan saat rapat koordinasi daerah yang diterima langsung Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi, Sukur Nababan," pungkas Nuryanto.

Editor: Gokli