Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kunker 'Berlayar ke Tambelan', Ini Rangkaian Kegiatan Bupati Bintan
Oleh : Harjo
Senin | 15-07-2024 | 12:04 WIB
Roby-Lingga.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan, Roby Kurniawan, mengawali kunjungan kerja di Kecamatan Tambelan, Senin (15/7/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Roby Kurniawan, kembali melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Tambelan, yang merupakan satu-satunya kecamatan terjauh dari pusat ibu kota Bintan.

Menariknya, Kunker tahun ini disejalankan dengan event Sail to Tambelan (Berlayar ke Tambelan) yang tentunya akan diisi dengan beragam kegiatan menarik sekaligus menggali pesona pulau yang berjuluk Timbalan Riau tersebut.

Bupati Roby Kurniawan dijadwalkan akan mengikuti berbagai agenda penting selama berada di Tambelan nantinya. Bupati Roby bersama Wakil Bupati Bintan, FKPD Bintan dan beberapa OPD terkait akan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan baik seremonial maupun hiburan.

"Kita berangkat hari ini, mudah-mudahan segala sesuatunya lancar sesuai dengan yang kita rencanakan. Ada banyak kegiatan selama di sana, kita mulai dari pagi saat tiba di sana sampai esok paginya lagi sebelum bertolak pulang," jelas Roby Kurniawan, Senin (15/7/2024).

Rombongan Bupati Bintan dijadwalkan akan berlayar ke Tambelan menggunakan Kapal RoRo Bahtera Nusantara 3 dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban. Mulai lepas tali pada Senin (15/7/2024) pukul 13.00 WIB, rombongan diperkirakan akan tiba di Pelabuhan Tambelan esok harinya sekira pukul 05.30 WIB dan langsung dilakukan prosesi penyambutan yang kemudian lanjut menuju Balai Adat Tambelan sebagai lokasi utama.

Pada pukul 08.00 WIB kegiatan diawali dengan Temu Wicara Bupati Bintan bersama masyarakat Tambelan. Dalam rangkaian ini, selain berdialog langsung bersama masyarakat, Bupati Roby juga akan menyerahkan berbagai bantuan dan hibah secara simbolis. Mulai dari seragam sekolah gratis, paket sembako lansia dan sembako Desa, alat bantu bagi lansia, alat pengolahan hasil perikanan berupa Frezzer Box, BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dan nelayan termasuk Kartu E Pas Kecil.

Bupati Roby juga akan melakukan peresmian dengan menandatangai beberapa prasasti pembangunan fisik yang telah dilakukan. Seperti jembatan penyebrangan, pelantar masyarakat hingga tambatan perahu nelayan.

Tak sampai di situ, masyarakat Tambelan juga akan mendapatkan pelayanan perizinan secara online baik berusaha dan non berusaha yang akan didampingi langsung oleh Tim DPMPTSP Bintan. Selanjutnya masyarakat Tambelan juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, pengobatan hingga konsultasi gratis dari Dokter Spesialis Saraf (Neurologi) sebanyak 20 kuota dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam.

Setelahnya akan dimulai rangkaian Sail to Tambelan yang diawali dengan kegiatan Lumbak Kayuh (lomba mendayung) di Pelantar Lingkar Tambelan yang memang menjadi salah satu event rutin kebanggaan masyarakat di sana. Pada malam harinya digelar Malam Dendang Tambelan bersama Bupati Bintan yang akan menampilkan berbagai hiburan seperti Tari Zapin Laba-Laba hingga penampilan Band Lokal Dermaga Musica.

Pada tanggal 17 Juli dimulai pukul 05.30 WIB, akan dilaksanakan Fun Bike and Fun Walk Bupati Bintan bersama masyarakat. Kebahagiaan bagi masyarakat Tambelan akan dilengkapi dengan berbagau doorprize utama yang telah dipersiapkan.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Bintan bersama rombongan akan bertolak kembali dari Pelabuhan Tambelan sekira pukul 11.00 WIB. Rombongan Kunker tersebut dijadwalkan tiba di Pelabuhan ASDP Tanjunguban pada tanggal 18 Juli sekira Pukul 05.00 WIB atau waktu Shubuh wilayah setempat.

Editor: Gokli