Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amsakar Achmad Dianugerahi Gelar Dato' Wira Lela Perkasa dari Kesultanan Riau-Lingga
Oleh : Aldy Daeng
Minggu | 14-07-2024 | 17:32 WIB
Amsakar_dato_wira_lela_perkasa.jpg Honda-Batam
Wakil Wali Kota Batam menerima gelar adat Dato' Wira Lela Perkasa dari Kesultanan Riau Lingga, Sabtu (13/7/2024)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad bersama empat tokoh lainnya menerima Anugerah Kebesaran Adat Diraja Kesultanan Riau-Lingga 2024.

Amsakar menerima penabalan gelar adat yang diselenggarakan di Kabupaten Lingga yang juga merupakan tanah kelahirannya.

Bakal Calon Wali Kota Batam ini menyampaikan ucapan terima kasih atas dan penghargaan sebesar- sebesarnya atas gelar yang diterimanya ini.

"Terimakasih kepada Kesultanan Riau-Lingga, atas gelar adat yang diberikan ini. Tentu sangat bangga rasanya bisa menjadi salah satu dari tokoh yang diberikan anugrah ini," ungkapnya, Sabtu (13/7/2024).

Amsakar mengucapakan rasa syukur karena mendapat berkah yang luar biasa atas pemberian gelar adat oleh Kesultanan Riau-Lingga.

"Alhamdulillah semua ini atas izin Allah SWT, saya dianugerahi Dato' Wira Lela Perkasa. Terima kasih kepada seluruh pemangku negeri atas penabalan gelar ini," ungkapnya.

"Semoga amanah ini dapat saya jaga dengan sebaik mungkin. Doakan selalu, agar kita dapat terus mengupayakan budaya Melayu ini dapat terus kita lestarikan, kita jaga marwahnya, harkat dan martabatnya," sambung Amsakar.

Amsakar melanjutkan, gelar ini tentu juga sebagai pengingat baginya sebagai seorang putra daerah. Gelar yang diberikan merupakan kebanggan, ia berharap makna yang terkandung dalam gelar tersebut bisa mengilhami langkah kaki ke depan

"Semoga saya bisa menjaga gelar kehormatan ini dengan baik. Sekali lagi terima kasih banyak telah dianugerahi gelar Dato' Wira Lela Perkasa ini," ucap Amsakar.

Selain Amsakar Achmad, empat tokoh yang mendapat gelar di acara yang bersempenaan Majlis Diraja Haul ke-212 Sultan Mahmud Riayat Syah adalah Irjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H, Dato' Seri Hj Ahmad bin Hj Burak, Prof. Dr. Sir Ungku Mohd Noor, BHS, DSc, PhD. ibni Ungku Mahmood, dan M. Nizar, S.Sos.

Prosesi penabalan ini dimulai dengan menceritakan sekilas profil dan perjuangan Sultan Mahmud Riayat Syah serta dilanjutkan doa bersama di Masjid Jami Sulthan Lingga.

Setelah melakukan prosesi adat, kelima tokoh ini akan dianugerahkan gelar adat tersebut di Gedung DPRD Kabupaten Lingga.

Adapun gelar adat yang akan disandang kelima tokoh tersebut adalah sebagai berikut:

  • Irjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah dengan gelar Dato' Perdana Satya Buana
  • M.H, Dato' Seri Hj Ahmad bin Hj Burak dengan gelar adat Dato' Perdana Sadu Jauhari
  • Prof. Dr. Sir Ungku Mohd Noor, BHS, DSc, PhD. ibni Ungku Mahmood dengan gelar adat Dato' Perdana Indera Wangsa
  • M. Nizar, S.Sos dengan gelar adat Dato' Wira Jaya Wangsa
  • Amsakar Achmad, S.Sos., M.Si., dengan gelar adat Dato' Wira Lela Perkasa

Editor: Surya