Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kontingen Olimpiade 2024 Diharapkan Mampu Harumkan Nama Indonesia di Mata Dunia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 13-07-2024 | 11:04 WIB
Kontingen-Olimpiade-2024.jpg Honda-Batam
Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding pada Olimpiade ke-33 Paris Tahun 2024 di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (10/07/2024). (Kominfo)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo secara resmi melepas kontingen Indonesia yang akan bertanding pada Olimpiade ke-33 Paris Tahun 2024. Acara pelepasan digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (10/07/2024).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini secara resmi saya berangkatkan tim Indonesia menuju Olympic Games ke-33 Paris Tahun 2024," ujar Presiden.

Presiden Joko Widodo berpesan agar para atlet Indonesia tetap optimistis dan semangat dalam menghadapi pertandingan melawan atlet-atlet terbaik dari seluruh dunia. Hal tersebut penting agar harapan rakyat Indonesia dapat terwujud dengan baik.

"Rakyat menginginkan bendera Merah Putih dikibarkan di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali. Sekali lagi selamat bertanding, harumkan nama Indonesia di mata dunia," tutur Presiden, demikian dikutip laman Kominfo.

Kepala Negara menegaskan bahwa atlet Indonesia yang akan bertanding di Olimpiade Paris 2024 merupakan atlet pilihan yang telah melewati proses seleksi secara ketat. Oleh karena itu, pemerintah dan rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada para atlet.

"Mata dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara-saudara dan juga rakyat Indonesia juga akan tertuju semuanya kepada saudara-saudara, dan akan mengelu-elukan saudara-saudara semuanya, dan menaruh harapan kepada atlet-atlet kita," ungkap Presiden.

Presiden pun berpesan kepada para atlet untuk terus mempersiapkan diri dengan baik, mulai dari persiapan fisik hingga persiapan mental dalam menghadapi pertandingan. "Harapan kita semuanya semoga berhasil dan menang dan membawa pulang medali," ucap Presiden.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa Olimpiade Paris 2024 akan mempertandingkan 32 cabang olahraga dan diikuti oleh 182 negara. Kontingen Indonesia mengirimkan 29 atlet yang terdiri atas 16 atlet putra dan 13 atlet putri, didampingi 20 pelatih, 9 ofisial, dan 28 anggota head quarter, dengan jumlah total kontingen keseluruhan 86 orang.

"Kontingen Indonesia yang dikirimkan pada Olimpiade ke-33 sebanyak 12 cabang olahraga yaitu bulu tangkis, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, atletik, renang, selancar ombak, serta senam, balap sepeda, dayung, dan judo," ujar Dito.

Turut mendampingi Presiden dalam acara pelepasan tersebut adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, serta Chef de Mission Kontingen Indonesia Anindya Bakrie.

Editor: Gokli