Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Belanda-Inggris akan Saling Berhadapan di Semifinal Euro 2024
Oleh : Redaksi
Minggu | 07-07-2024 | 09:04 WIB
belanda_eruro.jpg Honda-Batam
Belanda lolos ke semifinal usai menang dramatis 2-1 atas Turki pada laga perempat final Euro 2024 di Olympiastadion, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB (Foto: Reuters)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Belanda dan Inggris memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2024, setelah mengalahkan lawan mereka masing-masing pada pertandingan diri tadi. Belanda dan Inggris akan saling berhadapan di semifinal Euro pada Rabu (11/7/2024) dinihari mendatang.

Belanda lolos ke semifinal usai menang dramatis 2-1 atas Turki pada laga perempat final Euro 2024 di Olympiastadion, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Inggris memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang atas Swiss lewat drama adu penalti 5-3 (1-1) di babak perempat final yang berlangsung di Dusseldorf Arena, Jerman, Minggu (7/7/2024) dini hari WIB.

Pada pertandingan antara Belanda-Turki, pada menit ke-35 Turki mampu unggul 1-0 atas Belanda lewat sundulan Samet Akaydin usai meneruskan assist Arda Guler melalui umpan silang.

Hingga pertandingan babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Belanda tertinggal 0-1 dari Turki di babak pertama.

Pada menit ke-51 Belanda mendapatkan peluang emas lewat Wout Weghorst. Sayang sundulan Weghorst masih melenceng ke sisi kanan gawang Swiss.

Sundulan Weghorst sebenarnya bisa diteruskan oleh Memphis Depay untuk menjadi gol, namun sayangnya dia tidak mampu menjangkau bola tersebut.

Di menit ke-54 Weghorst kembali mendapatkan umpan matang dari Cody Gakpo. Sayangnya Weghorst gagal menjangkau bola tersebut.

Kemudian pada menit ke-56 tendangan bebas brilian dari pemain Turki Arda Guler masih membentur tiang gawang sebelah kanan Belanda.

Lalu di menit ke-57 tendangan terarah dari penyerang Belanda Depay juga masih bisa ditangkap kiper Turki.

Di menit ke-65 tendangan keras Kenan Yildiz dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper Belanda.

Pada menit ke-70 sontekan Weghorst juga masih bisa ditepis kiper Turki dan hasilkan sepak pojok.

Namun dari sepak pojok ini Belanda bisa mencetak gol penyeimbang 1-1 lewat sundulan Stefan de Vrij pada menit ke-71 usai meneruskan assist Memphis Depay.

Pada menit ke-76 Belanda secara dramatis berhasil berbalik unggul 2-1 lewat gol Cody Gakpo usai meneruskan umpan Denzel Dumfries.

Di menit ke-85 Turki mengancam pertahanan Belanda lewat serangan bertubi-tubi. Sayangnya sejumlah peluang emas yang didapat gagal dikonversi menjadi gol.

Menit ke-86 Memphis Depay tampak marah gara-gara diganti Jeremie Frimpong.

Pada menit ke-88 Cody Gakpo mendapatkan peluang terbuka di depan gawang Turki. Sayangnya tembakan keras Gakpo masih bisa diblok kiper Turki.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol lain yang tercipta. Belanda menang atas Turki 2-1.

Kemenangan ini membuat Belanda lolos ke semifinal Euro 2024. Sedangkan Turki terhenti di perempat final Euro 2024.

Menang dramatis

Sementara itu, pada pertandingan antara Inggris-Swiss, pemain pengganti Trent Alexander-Arnold jadi pahlawan setelah tendangan penaltinya dalam babak adu penalti menjadi penentu kemenangan Inggris atas Swiss.

Inggris akhirnya memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2024 usai menang atas Swiss lewat drama adu penalti 5-3 (1-1) di babak perempat final.

Pada permainan di babak pertama berjalan membosankan, karena kedua tim begitu berhati-hati. Baik Inggris dan Swiss juga minim membuat peluang.

Meski bermain menekan, tidak ada ancaman berarti yang dilakukan tim asuhan Gareth Southgate di babak pertama. Swiss juga tampak lebih memilih menunggu kesempatan ketimbang berinisiatif menyerang. Skor 0-0 hingga turun minum.

Mengawali babak kedua, Permainan Inggris dan Swiss tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Belum ada serangan berbahaya yang mengancam gawang lawan.

Perubahan juga terlihat di menit ke-64 ketika Swiss mengganti dua pemain untuk mengubah jalannya pertandingan. Terbukti, Swiss lebih berani merangsek ke pertahanan Inggris.

Bahkan, Swiss akhirnya mampu memimpin 1-0 atas inggris pada menit ke-75 berkat gol Breel Embolo. Mengonversi umpan silang Dan Ndoye, Embolo mampu menempatkan bola ke tiang jauh.

Tertinggal, The Three Lions langsung melakukan pergantinan tiga pemain sekaligus pada menit ke-78. Perubahan itu berbuah sukses usai Inggris menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-81.

Adalah Bukayo Saka yang menempatkan namanya di papan skor usai tendangan kaki kiirinya dari luar kotak penalti tidak bisa dihalau kiper Swiss Yann Sommer.

Skor 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit, laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Inggris mulai lebih berinisiatif menyerang Swiss di babak perpanjangan waktu. Pada menit ke-95, Inggris punya peluang lewat tendangan jarak jauh Declan Rice, tapi Sommer mampu membuat penyelamatan sehingga gawang Swiss masih aman.

Sepakan Bellingham pada menitke-102 juga masih bisa diamankan Sommer. Sampai babak pertama perpanjangan waktu, skor kedua tim masih 1-1.

Inggris tampak ingin menyelesaikan pertandingan tanpa adu penalti. Mereka berupaya menekan Swiss dan memperoleh peluang mencetak gol.

Tapi malah Swiss yang punya kesempatan pada menit ke-113, sayang upaya Fabian Schar belum berbuah gol karena bola menyamping di gawang Pickford.

Pada menit ke-117, sepakan pojok pemain pengganti Swiss Xherdan Shaqiri mengenai mistar gawang Inggris. Skor 1-1 tak berubah, sehingga laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Adu Penalti
Inggris menang adu penalti 5-3 atas Swiss

Inggris: Palmer (GOL), Bellingham (GOL), Saka (GOL), Toney (GOL), Alexander-Arnold (GOL)

Swiss: Akanji (Gagal), Schar (GOL), Shaqiri (GOL), Amdouni (GOL)

Editor: Surya