Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wujudkan Solidaritas dan Kebersamaan, 91 Marga Batak Hadiri Pelantikan Pengurus Paguyuban BBM
Oleh : Aldy
Senin | 24-06-2024 | 14:12 WIB
BBM-Batam.jpg Honda-Batam
Prosesi pengukuhan dan pelantikan Ketua serta Pengurus Paguyuban Bangso Batak Marsada (BBM) Kota Batam di Gedung Pakuba, Buana Central Park, Tembesi, Sagulung, Minggu (23/6/2024) malam. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya 91 merga Batak yang ada di Kota Batam turut menghadiri pelantikan Ketua dan jajaran pengurus Bangso Batak Marsada (BBM) di Gedung Pakuba, Buana Central Park, Tembesi, Sagulung, Minggu (23/6/2024) malam.

Pada acara sakral tersebut, terlihat nuansa kental khas Sumatra Utara ditampilkan di hadapan para perwakilan marga Batak yang ada di Kota Batam.

Kehadiran beberapa tokoh penting Batak, baik yang berkecimpung di eksekutif maupun legislatif dan sejumlah instansi lainnya serta dunia profesi turut mewarnai acara yang dihadiri ratusan peserta tersebut.

Selain pelantikan pengurus BBM periode 2024 - 2029, acara yang didominasi dengan bahasa daerah itu juga disejalankan dengan deklarasi oleh Ketua BBM, Ir Ediaman Sinaga. Hadirnya BBM merupakan salah satu perwujudan solidaritas dan kebersamaan di antara punguan marga-marga Batak yang ada di Batam.

Bommen Hutagalung, mewakili panitia acara menyampaikan, setidaknya ada 91 marga yang ikut menghadiri deklarasi tersebut. Itu merupakan bentuk solidaritas yang merujuk pada rasa persaudaraan, dukungan, dan keterikatan emosional antara punguan marga.

Dengan adanya persatuan dengan bahasa Marsada (Pemersatu) ini, diharapkan, masyarakat Batak yang ada di Kota Batam semakin solid dalam menjalin silaturahmi yang dibungkus dengan persatuan dan kesatuan. "Mewujudkan adalah nyata, berwujud atau konkret. Kebersamaan mengacu pada kesatuan, kerja sama, dan keikutsertaan bersama dalam mencapai tujuan," kata Bommen Hutagalung usai acara pelantikan.

Adapun visi yang disampaikan dalam mewujudkan solidaritas dan kebersamaan di antara perkumoulan marga-marga yang tergabung dalam paguyuban BBM ini adalah:

1. Mewujudkan adalah menjadikannya nyata, berwujud atau menjadi konkret;

2. Solidaritas merujuk pada rasa persaudaraan, dukungan, dan keterikatan emosional antara punguan marga; dan

3. Kebersamaan mengacu pada kesatuan, kerja sama, dan keikutsertaan bersama dalam mencapai tujuan bersama.

MISI

1. Menyelenggarakan kegiatan sosial, budaya, politik, dan ekonomi dalam rangka memperkuat persaudaraan;

2. Mengadakan forum diskusi dan pertemuan sebagai sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan; dan

3. Mendorong kolaborasi dan aksi sosial antar punguan marga dalam mencapai tujuan bersama.

Sementara Wakil Sekretaris BBM, Rusmini Simorangkir, mengatakan terbentuknya paguyuban tersebut atas hasil dari rembuk bersama antar marga. Terpilihnya Ketua BBM, Ediaman Sinaga, juga telah melewati rekomendasi dari marga-marga Batak.

"Setelah kita rembuk bersama, antar marga-marga, maka terpilihlah Pak Ediaman Sinaga sebagai Ketua BBM," katanya.

Pada kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh tokoh-tokoh Batak di Batam. Di antaranya Johannes Kennedy Aritonang; Jasarmen Purba; J Simanjuntak; Ownward Siahaan; Gembira Ginting; Thomson Sihombing; Lagat P Siadari; Uba Ingan Sigalingging; Udin P Sihaloho dan tokoh Batak lainnya. Serta turut hadir Bupati Simalungun-Sumatera Utara, Radipo Sinaga, untuk memberi dukungan kepada paguyuban BBM Kota Batam.

Editor: Gokli