Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semarak Idul Adha 1445 H

Serikuala Lobam Gelar Festival Beduk Gema Takbir Perdana di Teluk Sasah
Oleh : Harjo
Minggu | 16-06-2024 | 20:04 WIB
1606_Festival-Beduk-Gema-Takbir-2_03493498.jpg Honda-Batam
Festival Beduk Gema Takbir perdana yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Teluk Sasah, Minggu (16/6/2024) malam (Foto:Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Semarak Idul Adha 1445 Hijryah, Kecamatan Serikuala Lobam, menggelar Festival Beduk Gema Takbir perdana yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Teluk Sasah, Minggu (16/6/2024) malam.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Serikuala Lobam, Jafar Sidik, menyampaikan pelaksanaan festival Beduk Gema Takbir menyambut Idul Adha 1445 H, untuk pertama kalinya dilaksanakan Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan.

"Festival ini, dilaksanakan perdana di Kecamatan Serikuala Lobam, dengan harapan menjadi inspirasi bagi kaula muda dan menumbuhkab minat serta bakat generasi muda dalam syiar Islam," harpanya.

Sementara itu. Camat Serikuala Lobam, Nona Yani M Abas Manupasa, dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada PHBI, yang sudah melaksanakan festival beduk gema takbir dalam menyambut Idul Adha 1445 H.

"Apresiasi kepada PHBI dan segenap paniyia pelaksana, atas terselenggaranya kegiatan ini. Semiga menjadi agenda tahunan nantinya. Sebaliknya dalam penyambutan Idul Adha kali ini, memang tidak diadakan takbir keliling," katanya.

Dia berharap melalui kegiatan ini, bisa meningkatkan kemampuan dan pengetahuan generasi muda. Sehingga terciptanya pemuda tangguh dan berahlak yang lebih baik lagi.

Festival beduk gema takbir 1445 H Kecamatan Serikuala Lobam, yang diikuti oleh perwakilan dari masjid, mushola yang berasal dari perwakilan Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Serikuala Lobam.

Ada pun kriteria penilaian atas penampilan peserta diantaranya, lafas tajwid, keserasian pukulan beduk, kostum dan kekompakan, dan waktu tampil maksimal 10 menit bagis setiap peserta.

Pembukaan festival tersebut, turut dihadiri perwakilan, Polsek Bintan Utara, Danramil Bintan Utara, sejumlah Kepala Desa, Lurah se-Kecamatan Serikuala Lobam, pimpinan instansi, perusahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta disaksikan oleh ratusan masyarakat.

Editor: Surya