Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-06-2024 | 09:24 WIB
1206_TIM-NAS-ONE-AND-ONLY_010349349.jpg Honda-Batam
Indonesia memastikan diri lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia usai finis di peringkat kedua Grup F pada Selasa (11/6/2024) malam (Foto: Antara)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia memastikan diri lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia usai finis di peringkat kedua Grup F pada Selasa (11/6/2024) malam. Timnas Indonesia berhasil mengemas 10 poin dari enam pertandingan yang dilakoni.

Pada laga terakhir Indonesia sukses menang 2-0 atas Filipina dalam pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Selasa (11/6/2024) malam.

Lolosnya Indonesia ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus memupus harapan Vietnam untuk melangkah ke babak selanjutnya lantaran harus finis di peringkat ketiga Grup F.

Selain Vietnam, wakil-wakil ASEAN lainnya yaitu Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Myanmar juga dipastikan gugur di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Myanmar finis di posisi juru kunci Grup B dengan mengemas satu poin dari enam pertandingan yang dilakoni.

Thailand finis di peringkat ketiga Grup C dengan koleksi delapan poin dari enam laga yang dijalani. Kemudian Singapura finis di posisi juru kunci Grup C dengan poin satu.

Malaysia finis di peringkat ketiga Grup D dengan mengemas 10 poin dari enam pertandingan yang dilakoni.

Sedangkan Filipina finis di posisi juru kunci Grup F dengan mengemas satu poin dari enam pertandingan yang dijalani.

Pemain Vietnam Menangis

Sementara itu, pertandingan antara Timnas Irak vs Timnas Vietnam belum dimulai. Namun skuat The Golden Star harus menangis sebelum laga ini dimulai.

Timnas Vietnam memainkan pertandingan terakhir grup F pada hari Rabu, 12 Juni 2024 Pkl 01.00 WIB. Pertandingan ini digelar di markas Timnas Irak.

Timnas Vietnam sendiri memiliki impian besar jelang laga ini. Mereka hanya terpaut satu poin dari Indonesia yang berada di peringkat kedua grup F. Jadi jika mereka menang melawan Irak, maka mereka bisa lolos ke putaran ketiga.

Namun tiga jam sebelum laga berakhir, Timnas Vietnam harus menitikkan air mata. Impian mereka untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dipastikan buyar.

Keinginan Timnas Vietnam untuk lolos ke putaran ketiga dipastikan buyar. Karena Timnas Indonesia menang di pertandingan terakhir.

Timnas Indonesia yang bermain lebih dahulu berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Kemenangan ini membuat perolehan poin Timnas Indonesia menjadi 10 poin, unggul empat poin dari Vietnam.

Apapun hasil yang diraih Vietnam melawan Irak, perolehan poin mereka tidak bisa menyalip perolehan poin Indonesia. Jadi Vietnam dipastikan finish sebagai peringkat tiga klasemen akhir grup F.

Namun, Irak sukses mengalahkan Vietnam 3-1 pada laga pemungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Internasional Basra, Rabu (12/6/2024) dini hari WIB.

Irak berhasil unggul 1-0 pada menit ke-14 lewat gol Hussein Ali. Kemudian Irak sempat mendapatkan penalti pada menit ke-18 usai Mohamed Ali dijatuhkan kiper Vietnam Nguyen Filip di kotak penalti.

Mohamed Ali mengambil alih tendangan penalti tersebut. Sayang tendangan penaltinya melenceng ke sisi kanan gawang Vietnam.

Pada menit ke-64, Ali Jasim kembali mengancam gawang Vietnam. Namun sepakannya kali ini terlalu lemah sehingga bisa ditangkap kiper Vietnam.

Di menit ke-70 akhirnya Ali Jasim mampu membobol gawang Vietnam lewat tendangan keras dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang lawan. Irak unggul 2-0 atas Vietnam.

Pada menit ke-82 Vietnam memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan. Sayang tendangan Nguyen Tien Linh masih bisa ditangkap kiper Irak.

Vietnam akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat gol Tuan Hai Pham pada menit ke-84.

Di menit ke-90+2 Irak mampu memperlebar keunggulan menjadi 3-1 lewat gol Aymen Hussein usai memanfaatkan bola pantul tembakan Akam Hashem mengenai tiang.

Hingga laga berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Irak menang 3-1 atas Vietnam.

Irak berhasil menyapu bersih enam pertandingan di Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan kemenangan.

Irak finis sebagai juara Grup F dan melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Sementara Vietnam harus puas finis di peringkat ketiga Grup F dengan mengemas enam poin. Vietnam berada di bawah Indonesia yang finis di peringkat kedua Grup F.

Indonesia berhak mendampingi Irak lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2027 sebagai runner up Grup F.

Editor: Surya