Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Garuda Menang 2-0 Atas Filipina, Timnas Indonesia Lolos ke Babak Ketiga
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-06-2024 | 09:08 WIB
timnas-Indonesia.jpg Honda-Batam
Indonesia lanjut ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia lanjut ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Itu setelah timnas menang 2-0 atas Filipina berkat gol Thom Haye dan Rizky Ridho.

Indonesia menghadapi Filipina di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024) malam WIB, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Timnas butuh kemenangan untuk menyegel langsung kelolosan ke babak ketiga.

Tiga poin itu terwujud, diawali gol Thom Haye pada menit ke-32. Rizky Ridho menggandakan keunggulan timnas pada menit ke-56

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanpa menunggu hasil Irak vs Vietnam.

Dengan 10 poin, timnas tak akan terkejar lagi oleh Vietnam yang baru mengumpulkan enam poin menuju laga lawan Irak.

Indonesia langsung menerapkan pressing tinggi selepas sepak mula. Sejumlah tusukan menjanjikan diperagakan Marselino Ferdinan dkk, namun belum terselesaikan dengan baik.

Thom Haye merangsek dari kanan pada menit keenam, lalu memberi umpan tarik ke Ragnar Oratmangoen. Namun bola diblok oleh bek Filipina.

Haye kembali beraksi di kanan dua menit berselang, kali ini menerima sodoran dari Asnawi Mangkualam. Umpan silangnya ditanduk oleh Marselino dan masih tepat ke arah kiper Kevin Ray Mendoza.

Sebuah sepakan keras dari Calvin Verdonk dari sudut sempit di sisi kiri belum mengarah ke gawang. Bola meluncur deras ke atas.

Peluang emas buat Indonesia pada menit ke-28. Umpan silang Rafael Struick disambar Verdonk di tiang jauh, tapi masih bisa dihalau kiper dengan kaki!

Tak lama berselang, Marselino coba menusuk dan melepas tembakan dari tengah. Belum membuahkan hasil. Sundulan Justin Hubner dari sepak pojok juga cuma menyamping saja.

GOL! Indonesia memimpin pada menit ke-32. Timnas merebut bola di area tengah, lalu dialirkan ke Thom Haye. Haye lantas melepaskan sepakan terukur ke pojok kanan gawang dari depan kotak penalti.

Ragnar Oratmangoen melakukan sepakan spekulatif dari luar kotak penalti pada menit ke-42. Masih melesat ke atas mistar gawang saja. Skor 1-0 bertahan sampai babak pertama berakhir.

Timnas langsung menggebrak selepas rehat. Oratmangoen gagal menyambar bola di depan gawang, demikian pula pada kesempatan kedua saat Verdonk mengirim umpan.

Sebuah percobaan dari Jesper Nyholm hampir mengancam Indonesia. Bola masih berakhir di samping gawang.

GOL! Indonesia mencetak gol kedua pada menit ke-56. Tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On disambar sundulan Rizky Ridho di depan gawang dan menaklukkan kiper.

Nyaris Indonesia mencetak gol ketiga pada menit ke-71. Sundulan Jay Idzes menyambut sepak pojok cuma membentur tiang gawang.

Timnas Indonesia terus mengontrol permainan. Skor tak berubah lagi sampai peluit panjang dibunyikan wasit.

Kuat Fisik dan Mental

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan, tim nasional (timnas) Indonesia harus menguatkan fisik dan mentalnya untuk berlaga pada babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Erick mengatakan, perjalanan timnas di babak tersebut akan semakin berat karena harus melakoni 10 pertandingan.

"Masih ada 10 pertandingan habis ini. Di mana kita tuan rumah lima kali dan ke luar negeri lima kali, jadi timnya mesti benar-benar secara fisik, mental kuat," kata Erick di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Erick menjelaskan, 18 negara yang lolos ke babak ketiga akan dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing beranggoakan enam negara.

Peringkat pertama dan kedua grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sedangkan peringkat ketiga dan keempat harus melakoni babak berikutnya.

"Ranking 1-2 grup langsung masuk ke Piala Dunia, untuk ranking 3-4 nanti dibagi lagi nanti jadi dua grup. Ranking 1-nya di dua grup itu masuk lagi, ya nanti ada play off," ujar Erick.

Menteri Badan Usaha Milik Negara itu tidak memungkiri bahwa persaingan di babak ketiga akan semakin berat sehingga anak asuh Shin Tae-yong harus meningkatkan kemampuan mereka.

Kendati demikian, ia mengapresiasi capaian timnas Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunnia 2026 zona Asia.

"Alhamdullilah berkat doa masyarakat Indonesia, pencinta bola, dukungan semua, pihak klub, asprov, pelatih, semua, pemerintah, Bapak Presiden, ya kita bisa buat sejarah lagi sebagai negara Asia Tenggara yang masuk. Ini sebuah prestasi yang luar biasa," kata Erick.

Editor: Surya