Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Santri TPQ Masjid Istiqomah Batam Galang Dana Bantuan Longsor Sumbar
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 03-06-2024 | 08:20 WIB
0306_santri-bintan_0890349349834818.jpg Honda-Batam
Para santri TPQ Masjid Istiqomah Sei Panas Batam saat melakukan penggalangan dana bagi warga Sumbar. (Foto: J5NEWSROOM.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para santri TPQ (Taman Pendidikan Al Quran) Masjid Istiqomah Sei Panas Panas Batam melakukan penggalangan dana bencana alam banjir dan longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Minggu 19 Mei 2024 lalu.

Penggalangan dana untuk membantu meringankan beban masyarakat Sumbar itu dilakukan para santri dengan turun langsung ke jalan dan rumah-rumah warga di kawasan Perumahan Pondok Asri, Nusa Jaya dan Aku Tahu. Hasilnya, mereka berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 5 juta.

"Kegiatan para santri ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban masyarakat Sumbar yang menjadi korban bencana alam banjir dan tanah longsor. Tapi, selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memupuk jiwa welas asih dan kasih sayang para santri untuk ringan tangan membantu sesama," ujar Pimpinan TPQ Masjid Istiqomah Batam Ustadz Adi Supriyadi.

Selanjutnya, lanjut Ustadz Adi, semua hasil penggalangan dana tersebut diserahkan kepada pengurus Yayasan Masjid Istiqomah Batam untuk disalurkan ke warga Sumbar melalui Pemerintah Kota Batam.

Sementara itu, Bendahara DKM Masjid Istiqomah Sei Panas Batam Edy Darmansyah menambahkan, selain dari hasil dana yang berhasil digalang para santri, pengurus Masjid Istiqomah Batam juga membuka kontak infaq khusus bagi warga Sumbar. Tujuannya, untuk menampung dana dari jamaah masjid dan masyarakat yang bersimpati dan berempati untuk warga Sumbar.

"Total hasil penggalangan dana yang terkumpul untuk masyarakat Sumbar korban bencana alam di Masjid Istoqomah Sei Panas Batam sebesar Rp 5.200.000," ujar Edy Darmansyah.

Dana yang terkumpul tersebut, lanjut Edy, telah disalurkan pada hari Sabtu 1 Juni 2024 kepada masyarakat Sumbar melalui dua jalur. Yaitu, Badan Musyawarah Guru Al Qur'an (BMGQ) Kota Batam dan Dinas Sosial Kota Batam.

Kemudian, Ketua DKM Masjid Istiqomah Sei Panas Batam Saparin menjelaskan, kegiatan penggalangan dana yang dilakukan para santri TPQ Masjid Istiqomah dan pembukaan kotak infaq khusus bagi warga Sumbar itu dilakukan sesuai dengan Surat Walikota Batam bernomor No: 405/SO 02 02/V/2024 yang ditandatangani Walikota Batam H. Muhammad Rudi di Batam, 15 Mei 2024.

Surat yang salah satunya ditujukan kepada Para Pengurus Masjid dan Tempat Ibadah Lainnya, Yayasan, Mall Se-Kota Batam itu, berisi himbauan untuk bersama-sama membantu meringankan beban masyarakat Sumatera Barat yang terkena bencana alam banjir dan longsor dengan melakukan penggalangan dana bantuan.

"Syukur alhamdulillah, meskipun jumlahnya tidaklah begitu besar, tetapi para jamaah Masjid Istiqomah Sei Panas Batam dan warga di sekitar masjid, telah menyalurkan dana bantuan mereka untuk meringankan beban warga Sumbar," ujar Saparin.

Secara pribadi, lanjut Saparin, dirinya menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya untuk para santri TPQ Masjid Istiqomah yang selalu bersemangat untuk melakukan penggalangan dana bagi sesama. Sebelum menggalang dana bagi warga Sumbar, para santri juga telah melakukan penggalangan dana bagi bangsa Palestina yang hingga hari ini terus menerus digempur tentara Israel.

Editor: Dardani