Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TNI Siap Laksanakan Operasi Perdamaian di Gaza
Oleh : Redaksi
Senin | 03-06-2024 | 08:04 WIB
unfil_lebanon.jpg Honda-Batam
Pasukan Garuda yang tergabung dalam satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL dibawah pimpinan Kolonel Inf Ragung Ismail Akbar tersebut tiba di Adchit Al Qusayr Lebanon Selatan. Jumat (9/3/2024) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Nugraha Gumilar memastikan prajurit TNI siap melaksanakan operasi perdamaian di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), di manapun jika sudah ada perintah dari negara.

Hal ini ia sampaikan merespons rencana Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Palestina.

"TNI siap melaksanakan operasi perdamaian di bawah bendera PBB, kapan pun dan kemana pun jika sudah menjadi perintah negara," kata Nugraha, Minggu (2/6/2024).

Nugraha mengatakan prajurit TNI selalu siap untuk menjalankan perintah negara. Terlebih, tugas ini sudah diamanatkan kepada TNI lewat pembukaan UUD Tahun 1945.

"Kalau sudah ada perintah, TNI akan menyiapkan pasukan perdamaian PBB," kata dia.

Prabowo ketika menghadiri Opening Reception IISS Shangri-La Dialogue di di Hotel Shangri-La, Singapura beberapa waktu lalu menyatakan Indonesia siap mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Palestina.

Melansir Reuters, pada momen itu Prabowo juga menyerukan ada investigasi secara komprehensif terhadap apa yang terjadi di Rafah, Gaza Selatan.

Rafah merupakan satu-satunya tempat penduduk Palestina mengungsi setelah hampir seluruh wilayah Gaza dibombardir Israel sejak awal Oktober 2023 lalu.

Namun tempat itu tak lagi aman. Militer Israel dalam beberapa hari terakhir gencar memborbardir Rafah. Pada 26 Mei, militer Israel menyerang kamp pengungsi di Rafah yang menewaskan 35 orang yang mayoritas anak-anak dan perempuan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Surya