Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Lansia Nasional, Puskesmas Letung Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Oleh : Frengky Tanjung
Kamis | 30-05-2024 | 13:44 WIB
Lansia-Anambas.jpg Honda-Batam
Puskesmas Letung bekerja sama dengan Kecamatan Jemaja melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat, sempena memperingati Hari Lansia Nasional, Kamis (30/5/2024). (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Memperingati hari lanjut usia nasional, Puskesmas Letung bekerja sama dengan Kecamatan Jemaja melakukan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Puskesmas Letung, Adi Mulyanto, menjelaskan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap peran masyarakat lanjut usia dalam pembangunan bangsa.

Adi juga mengatakan, diadakannya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan untuk masyarakat lanjut usia adalah bagian dari hari lanjut usia (Lansia) nasional itu sendiri. "Kita adakan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis, sebagai bentuk apresiasi kita terhadap peran masyarakat lansia dalam pembangunan bangsa kita sendiri," kata Adi, Kamis (30/05/2024).

"Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan itu sendiri, sengaja kita sejalankan dengan tema hari lansia nasional kita pada tahun ini 'Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat', dan kita juga berkomitmen, bahwa lansia di Indonesia, terkhusus daerah Anambas, harus terawat," imbuh Adi.

Selain dari acara penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, Puskesmas Letung juga mengadakan layanan pembuatan KTP seumur hidup dan pembuatan KK barcode.

"Itu tadi, kita sejalankan juga dengan tema 'Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat', jadi bagi masyarakat lansia kita usahakan membuat KTP seumur hidup serta KK barcode. Jika ada hal yang berkaitan dengan identitas, masyarakat lansia kita tak perlu lagi pergi ke kantor dinas terkait," jelasnya.

Selain kegiatan di atas, Puskemas Letung dan kecamatan juga mengadakan acara lomba fashion show dan memberikan door prize dalam memeriahkan acara tersebut. "Jadi, sebagai bentuk untuk memeriahkan kita undang juga masyarakat yang usianya memasuki 45 tahun ke atas, agar masyarakat kita juga tau apa hal-hal penting dari para lansia ini dan juga apa peran lansia kepada kita generasi lanjutannya," terang Adi.

Sementara itu, Zully Refi Yanti selaku Pengelola Program Lansia Puskesmas Letung, berharap momen peringatan hari lansia nasional ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat lansia untuk datang ke Posyandu.

"Kita harapkan, dengan momen seperti ini meningkatkan kesadaran dan kemauan para orang tua yang lanjut usia, untuk datang ke Posyandu dikala pelaksanaan Posyandu Lansia," tutur Zully.

Editor: Gokli