Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PDIP Tunjuk Adian Napitupulu sebagai Ketua Tim Pemenangan Pilkada 2024
Oleh : Redaksi
Minggu | 26-05-2024 | 09:05 WIB
pilkada_pdip.jpg Honda-Batam
Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP, Adian Napitupulu, di arena Rakernas V di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024) (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah membentuk Tim Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nasional 2024. Tim itu akan dipimpin Adian Napitupulu.

"Saat ini sudah dibentuk Tim Pemenangan Pilkada secara nasional yang sudah ditandatangani SK (Surat Keputusan)-nya oleh Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri)," kata Adian saat jumpa pers jelang hari kedua Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Sabtu (25/5/2024).

Selaku Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP, Adian melaporkan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu bisa mengusung sendiri pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 142 kabupaten/kota pada 11 provinsi di Indonesia.

"Di luar daripada itu, kita membangun kerja sama dengan partai-partai yang lain," tambah dia.

Sementara itu, untuk daerah yang PDIP tidak bisa mengusung pasangan calon sendiri, Adian mengatakan, bahwa PDIP terbuka untuk bekerja sama dengan partai politik lain, termasuk dengan partai yang berasal dari koalisi berbeda saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia menyebut, PDIP akan bekerja sama dengan partai politik yang memiliki kesamaan tujuan, ideologi, dan keberpihakan. Menurutnya, membangun bangsa tidak mungkin dilakukan sendirian.

"Selama dia bisa diajak bekerja sama dengan tujuan yang sama, berangkat dari ideologi yang sama, keberpihakan yang sama, tujuan yang sama, bermuara pada negara kesatuan yang sama dan sebagainya. Sampai hari ini kita terbuka berkoalisi dengan Demokrat, Golkar, dan lain-lain dengan batasan tadi," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa Dewan Pengurus Daerah (DPP) PDIP tidak ingin anomali yang dinilai terjadi pada Pilpres 2024 terulang kembali pada pilkada akhir tahun mendatang.

"Jangan ada lagi aparatur negara yang bekerja secara politik untuk kepentingan satu-dua calon yang lain. Biarlah kemudian pilkada ini memang yang diadu adalah tim pemenangan masing-masing, kemampuan partai politiknya. Jangan Kita diadu dengan aparatur negara yang sama-sama kita biayai bersama-sama, itu tidak fair (adil)," katanya.

PDIP, imbuh Adian, menginginkan Pilkada 2024 menjadi pertarungan yang sehat dan tidak menakutkan. Dia mengatakan, rakyat harus bisa datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara riang, gembira, dan menyalurkan hak suaranya dengan bebas.

"Tanpa diintimidasi, disetop fasilitasnya, dikurangi bantuan sosial, dan sebagainya. Itu harapan kita sama-sama yang dapat saya simpulkan," ujarnya.

Adapun jumpa pers tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono, Ketua DPD PDIP Kalimantan Selatan Lasarus, Ketua DPD PDIP Sumatera Utara Rapidin Simbolon, Ketua DPD PDIP Sulawesi Selatan, Andi Ridwan Wittiri, Ketua DPD PDIP Maluku Benhur G. Watubun, dan Ketua DPD PDIP Papua Barat Daya Joppye Onesimus Wayangkau.

Diketahui, Rakernas V PDIP berlangsung pada Jumat (24/5/2024) hingga Minggu (26/5/2024). Tiga pembahasan pokok dalam rakernas tersebut adalah sikap politik PDIP, perumusan program kerakyatan, hingga pemenangan Pilkada 2024.

Berikut struktur dan komposisi lengkap tim tersebut:

Pengarah
1. Megawati Soekarnoputri
2. Hasto Kristiyanto

Ketua: Adian Napitupulu
Wakil Ketua-l (Bidang Strategis): Sofwan D. Ardiyanto
Wakil Ketua-II (Bidang Stakeholders): Mustar
Wakil Ketua-III (Bidang Asistensi Pemenangan): Doni Hutabarat

Sekretaris: Aria Bima
Wakil Sekretaris Internal: Patria Ginting
Wakil Sekretaris Program: Esti Marina
Wakil Sekretaris Hukum Advokasi: Ronny Talapessy
Wakil Sekretaris Media & Komunikasi: Ilham Faturohman

Bendahara: Charles Honoris
Wakil Bendahara I: Shanty Alda
Wakil Bendahara II: Anneke Irawati

BIDANG STRATEGIS

Direktorat Strategi, Visi-Misi dan Narasi Debat
1. Andreas H Pareira
2. Bonnie Triyana

Direktorat Data dan Survei
1. Iman Suhirman
2. Iwan Muzammi, ST
3. Suwalijo

Direktorat Kajian
1. Kiki Taher
2. Aris Setiawan Yodi

BIDANG STAKEHOLDERS

Direktorat Komunikasi Politik
Bane Manalu

Direktorat Penggalangan
Moh. Guntur Romli

Direktorat Relawan
1. Erwin Usman
2. Amilan Hatta

ASISTENSI PEMENANGAN

Direktorat Hukum
1. Yanuar P. Wisesa
2. Paskaria Tombi

Direktorat Kampanye
Putra Nababan

Direktorat Saksi, Penyelenggara Pemilu dan Pengamanan Hasil Pilkada
1. Candra Irawan
2. Panji Prasetyo
3. M. Sirottudin
4. Anggya Hapsari
5. Dimas Dendang

Juru Bicara
1. Chiko Hakim
2. Seno Bagaskoro
3. Tamara Yolanda
4. Patricia Hutapea
5. Trini Puspa

Konten & Media Sosial:
1. Z. Apriliantony (Tony Joel)
2. Musyafur Rahman

Editor: Surya