Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Terjunkan Ratusan Personel Amankan Perayaan Waisak di Vihara dan Kelenteng
Oleh : Fredy
Jum\'at | 24-05-2024 | 08:04 WIB
waisak-bintan.jpg Honda-Batam
Personel Polres Karimun diterjunkan untuk memberikan pengamanan di Vihara Maupun Kelenteng di Kabupaten Karimun dalam rangka perayaan Waisak. (Foto: Fredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun menerjunkan sebanyak 111 personel di vihara maupun kelenteng yang ada di Kabupaten Karimun dalam pengamanan rangkaian ibadah umat Buddha melakukan perayaan Hari Tri Suci Waisak 2658 BE/2024, Kamis (23/5/2024).

Ratusan personel Polres Karimun yang melaksanakan pengamanan tersebut disebar di 14 titik lokasi kegiatan ibadah Waisak, yaitu Vihara Buddharatana, Vihara Budha Deipa, Vihara Cetiya Vidya Sasana, Vihara Cetiya Ching Long Miao, Sekolah Swasta Vidya Sasana, Yayasan Vihara Diepa, Klenteng Cetiya Arya Loka, Vihara Arya Dharma, Klenteng Cetiya Swarna Diepa, Vihara Maitri Segara, Yayasan Vihara Darma Santi Kundur, Yayasan Vihara Dharma Diepa, Yayasan Dharma Diepa Moro dan Yayasan Vipassana Giri. Pengamanan tersebut dilakukan selama dua hari pelaksanaan ibadah perayaan Waisak Tahun 2024.

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus menjelaskan, personel yang melakukan pengamanan datang lebih awal yang terlebih dahulu melakukan sterilisasi dengan memeriksa di sekitar vihara.

Selanjutnya, pengamanan dilakukan saat umat Budha melakukan ibadah hingga selesai. Bahkan untuk personel lalu lintas juga diturunkan untuk melakukan pengaturan lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan di sekitar vihara.

Kapolres menambahkan, pengamanan kegiatan ibadah Waisak ini adalah bentuk pelayanan Polres Karimun kepada masyarakat, khusunya yang ada di kabupaten Karimun yang merayakan hari Tri Suci Waisak 2658 BE/2024 dan juga menjaga kondusifitas kamtibmas tetap aman dan kondusif.

"Pengamanan ini dalam rangka memberikan rasa aman di hari besar keagamaan, sehingga Polri hadir di tengah masyarakat untuk memberikan perlindungan kepada umat beragama yang melaksanakan ibadah karena salah satu tugas Polri adalah sebagai pelindung masyarakat dalam situasi apapun," tutup Kapolres Karimun.

Editor: Dardani