Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

World Water Forum ke-10 Bahas Isu Utama Ketahanan Air
Oleh : Redaksi
Sabtu | 11-05-2024 | 15:24 WIB
Presiden-Air.jpg Honda-Batam
Presiden World Water Council, Loic Fauchon. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - World Water Forum ke-10 akan membahas isu utama mengenai ketahanan air atau water security kepada masyarakat luas.

Kegiatan dan rangkaian acara World Water Forum ke-10 akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada 18 - 25 Mei 2024 yang akan dihadiri para delegasi dunia serta berbagai pemangku kepentingan.

Presiden World Water Council, Loic Fauchon menuturkan, isu ketahanan air ini sangat luas dan menjadi topik penting dalam World Water Forum ke-10. Adapun masalah ketahanan air meliputi berbagai aspek termasuk di dalamnya peningkatan akses air bersih.

Ia juga mengungkapkan alasan utama digelarnya World Water Forum 2024 di Bali, yaitu untuk dapat membentuk komitmen kuat di level tinggi kepala negara seperti dalam mengelola air dan melakukan pendanaan air sekaligus untuk menyampaikan pesan tingkat tinggi yang bisa diterapkan oleh pemerintah ketika para delegasi kembali ke negaranya.

"World Water Forum ke-10 di Bali akan menghasilkan solusi maupun keputusan bersama mengenai sistem keamanan air," ujar Loic di Jakarta, Jumat (10/5/2024).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengadakan Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 yang akan dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada 18-25 Mei 2024.

Pada Rapat Koordinasi yang dilaksanakan pada 10 Mei 2024 di Gedung Utama Kantor Kementerian PUPR, Menteri PUPR mengumpulkan perwakilan Kementerian/Lembaga yang terlibat mulai dari perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Network of Asian River Basin Organization (Narbo) dan Youth.

Basuki meminta agar pihak yang terlibat bisa saling berkoordinasi dan memastikan jadwal dan agenda acara selama World Water Forum ke-10 berjalan lancar.

Tema Besar penyelenggaraan World Water Forum ke-10 adalah 'Water for Shared Prosperity' dengan Subtema penyelenggaraan World Water Forum ke-10 terdiri dari Ketahanan dan Kesejahteraan Air, Air untuk Manusia dan Alam, Pengurangan dan Manajemen Risiko Bencana, Tata Kelola, Kerja Sama dan Diplomasi Air, Pembiayaan Air Berkelanjutan dan Pengetahuan dan Inovasi.

Editor: Gokli