Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Digadang Dampingi Marlin di Pilwako Batam 2024

Elektabilitas Tak Kunjung Naik, Jefridin: Kalau Survei Tak Naik, Ya Tak Usah Maju
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 01-05-2024 | 17:08 WIB
Jefridin-Rudi1.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Sekda Kota Batam Jefridin Hamid saat menerima aksi buruh, Rabu (1/5/2024). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mendekati momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya digelar pada November 2024, konstelasi politik sudah terasa memanas. Sejumlah lembaga survey pun berseliweran di kanal media sosial membandingkan sejumlah calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung pada Pilkada nanti.

Elektabilitas para calon seakan menjadi nilai tawar tersendiri bagi partai politik. Tak hanya partai politik, elektabilitas ternyata mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap sejumlah calon yang akan maju pada Pilkada mendatang.

Salah satu calon wakil wali kota yang digadang-gadang mendampingi Marlin Agustina Rudi, dalam pertarungan nanti adalah Jefridin Hamid --yang saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam.

Saat ditemui awak media terkait langkah Jefridin Hamid ke depannya, karena berdasarkan sejumlah survey bahwa elektabilitasnya stagnan alias tidak begitu memperlihatkan kenaikan yang signifikan.

"Kalau survei tak naik, ya tak usah maju. Survei dari siapa?. Pada intinya belumlah, nanti kalau sudah pas waktunya akan disampaikan," tegasnya, usai mendampingi Rudi menemui para peserta aksi May Day di depan Kantor Walikota Batam, Rabu (1/5/2024).

Namun demikian, Jefridin menyebutkan masih belum menentukan langkah politiknya, biarpun dirinya digadang-gadang untuk mendampingi Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina untuk maju di Pilwako Batam.

"In Sha Allah. Kalau Allah mengizinkan saya siap. Tapi masih menunggu tahapan dan peraturan dari KPU juga," sebutnya sambil tersenyum.

Mengenai elektabilitas bakal calon kepala daerah, Jefridin masih menunggu hasil survei. Mengenai adanya kabar mengenai elektabilitas yang tidak kunjung mengangkat untuk maju di Pilkada, menurutnya masih terus berjalan.

Akan tetapi, Jefridin tetap akan mendukung pembangunan Kota Batam untuk dilanjutkan. Disinggung mengenai kesiapan maju di Pilkada mendatang, ia masih berjalan sesuai tugas dan fungsinya (Tupoksi) sebagai Sekretaris Daerah Batam.

"Saya kerja masih on the track. Kalau memang diberikan kepercayaan untuk maju, tentu saya akan coba. Namun sejauh ini belum ada persiapan yang luar biasa mengenai rencana langkah politiknya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Muhammad Rudi mengatakan masih belum menentukan pendamping di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur November mendatang.

"Belum ada. Yang jelas saya akan maju sebagai Kepri satu. Untuk Kepri dua belum ada diputuskan," sebutnya.

Mengenai Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam dari Partai NasDem, Rudi masih irit bicara terkait kader yang akan diusung untuk ikut konstalasi politik Batam.

"Belum ada, nanti akan saya sampaikan semuanya," pungkas Rudi.

Editor: Yudha