Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Negara Bagian Malaysia Diserang Wabah DBD
Oleh : Redaksi/M
Jum'at | 05-10-2012 | 10:34 WIB
Dr_Hasan_ABdul_Rahman.jpg Honda-Batam
Ketua Pengarah Kesehatan Malaysia (PKM), Dr Hasan Abdul Rahman, foto:Bharian

PUTRAJAYA, batamtoday - Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali merebak di sejumlah negara bagian di Malaysia. Otoritas kesehatan setempat mencatat, kini ada tujuh negara bagian yang menunjukkan peningkatan jumlah kasus dengan prosentase yang cukup besar.


Dijelaskan Ketua Pengarah Kesehatan Malaysia (PKM), Dr Hasan Abdul Rahman, tujuh negara bagian yang saat ini menjadi pantauan diantaranya, Selangor, Sarawak, Terengganu, Melaka, Johor, Pahang dan Sabah. Sedangkan jumlah peningkatan kasus tertinggi terjadi pada 23 hingga 19 September 2012 lalu. 

"Dalam periode itu, jumlah kasus sangat mengkhawatirkan jika dilihat dari prosentase peningkatannya," ujarnya dikutip dari Bharian, Jum'at(5/10/2012).

Untuk negara bagian Selangor, prosentase peningkatan kasus DBD mencapai 38 persen, Sarawak 81 persen, Terengganu bahkan lebih besar yakni 162 persen. Sedangkan dua negara bagian lainnya, Melaka dan Johor hanya mencatat satu kasus penderita baru.

"Sampai dengan periode pencatatan (september 2012.red) total temuan kasus DBD sebanyak 390," jelasnya. 

Sementara itu, jumlah kematian akibat wabah ini mencapai 27 orang atau mengalami peningkatan sekitar 17 persen dibanding periode yang sama pada tahun 2011 lalu dimana jumlah kematian hanya sekitar 23 orang.