Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada Penipuan Catut Nama Pejabat Bea Cukai, Laporkan ke Contact Center 1500225
Oleh : Freddy
Jumat | 22-03-2024 | 12:24 WIB
waspada-penipuan2.jpg Honda-Batam
Imbauan waspada penipuan catut nama Bea Cukai. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kanwil DJBC Khusus Kepri mengimbau seluruh masyarakat untuk selalu waspada terhadap modus-modus penipuan yang acap kali mencatut nama instansi maupun pejabat.

Kewaspadaan perlu ditingkatkan, terlebih menjelang lebaran Idulfitri 1445 H. Di mana, penipuan mengatasnamakan Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri sudah pernah terjadi, yang membuat korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Imbauan ini disampaikan Humas Kanwil DJBC Khusus Kepri, Roby Candra, Jumat (22/3/2024). Biasanya penipuan itu dilakukan dengan cara menghubungi nomor handphone milik korban dan kemudian memaksa transfer ke rekening pribadi yang disertai ancaman hukuman atau pidana.

"Jika masyarakat mendapat pesan atau telepon dengan modus seperti itu, agar tetap tenang, jangan panik dan terburu-buru mentransfer serta lakukan konfirmasi terlebih dahulu kebenarannya," kata Roby.

Ia juga mengimbau masyarakat harus selalu waspada dan terhindar dari modus penipuan mengatasnamakan Bea Cukai. "Lakukan konfirmasi atau laporkan melalui contact center Bea Cukai 1500225," tutupnya.

Editor: Gokli