Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wakil Bupati Anwar Hasyim Resmi Tutup Musrenbang Kabupaten Karimun 2024
Oleh : Freddy
Kamis | 21-03-2024 | 14:24 WIB
Musrenbang-Karimun.jpg Honda-Batam
Penutupan Musrenbang Kabupaten Karimun 2024 oleh Wakil Bupati Anwar Hasyim di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun, Kamis (21/3/2024). (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Wakil Bupati Anwar Hasyim, secara resmi menutup Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karimun 2024 dalam rangka penyusunan Rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.

Penutupan Musrenbang itu berlangsung di Gedung Serbaguna Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun, Kamis (21/3/2024).

Anwar Hasyim mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang berkesempatan hadir pada acara penutupan Musrenbang ini.

Musrenbang yang sudah diikuti para peserta selama dua hari ini tentunya cukup melelahkan, yang dimulai dengan acara pembukaan, pembahasan program, diskusi kelompok hingga dilanjutkan dengan acara penutupan.

Ia menjelaskan, Musrenbang Kabupaten Karimun 2024 ini merupakan Musrenbang yang ke-4 pada periode kepemimpinan Aunur Rafiq bersama Anwar Hasyim sejak dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026.

Lanjut Wabup, sebelumnya Bupati Karimun, Aunur Rafiq telah memaparkan beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan dan program tersebut tidak hanya sebatas janji politik, tetapi ini menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan dan penganggaran, sehingga program tersebut dapat terlaksana sesuai target kerja.

Dijelaskannya, penyusunan dokumen perencanaan tahun 2025 pada tahun ini memiliki makna penting karena merupakan pelaksanaan penjabaran tahun ke-4 dari RPJMD 2021-2026. "Kami perlu dukungan semua elemen masyarakat dalam upaya bersama-sama dalam pembangunan Kabupaten Karimun untuk mewujudkan visi Kabupaten Karimun," ujar Anwar Hasyim.

Menurut dia, pembangunan sesuai dengan visi dan misi serta arah kebijakan pembangunan di tahun 2025 terdapat beberapa isu strategis dalam penyusunan RKPD 2025 dan isu tersebut menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Karimun sesuai dengan tema pembangunan 2025 'Sumber Daya Pembangunan yang Didukung oleh Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan Efisien'.

Masik kata Wabup, ada 4 prioritas pembangunan tahun 2025 yang terdiri dari, Pertama: Pemerataan pembangunan infrastruktur wilayah. Kedua, pemberdayaan ekonomi masyarakat. Ketiga, peningkatan sumber daya manusia. Keempat, tata kelola pemerintahan inovatif.

"Maka dari itu 4 prioritas pembangunan tersebut akan dijabarkan dalam instrumen rencana pembangunan kabupaten Karimun tahun 2025 dengan 4 prioritas,17 sasaran dan 24 indikator," katanya.

Menurut Wabup, karena keterbatasan anggaran tentunya tidak semua kegiatan yang sudah diprogram ini dapat diakomodir seluruhnya. Maka diharapkan kepada seluruh kepala organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun dalam merealisasikan program kegiatan pembangunan tahun 2025 ini tidak hanya berharap dalam pos dan APBD Kabupaten Karimun, tetapi bisa memperjuangkan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut melalui dana APBD Provinsi maupun APBN.

Editor: Gokli